RIVER-SEA LINER SHIPPING SERVICE NETWORK DESIGN: THE CASE STUDY OF DANUBE RIVER AND BLACK SEA
Muhammad Naufal Daffa'ulhaq, Ir Andi Sudiarso, S.T., M.T., M.Sc., Ph.D., IPM., ASEAN Eng.
2023 | Tesis | S2 Teknik Industri
Salah satu moda interaksi tertua manusia adalah perjalanan melalui air, dan pertukaran ekonomi dan budaya selalu sangat bergantung pada perjalanan air. Lebih dari 90% volume perdagangan global diangkut melalui jalur laut, terutama dalam jaringan logistik global. Desain jaringan pengiriman kapal adalah salah satu satu masalah optimasi yang paling terkenal di bidang ini. Penciptaan jaringan logistik jaringan berdasarkan gagasan Internet Fisik (PI) adalah hal baru lainnya pengembangan. Penelitian terbaru menyarankan untuk membangun sistem distribusi PI di sungai jaringan. Selain untuk memenuhi kebutuhan transportasi lokal, jalur transit yang direncanakan jalur transit yang direncanakan ini harus dapat menghubungkan ekonomi regional dengan pusat-pusat internasional utama.
Tujuan dari proyek ini adalah untuk menjembatani kesenjangan antara maritim yang penting dan pusat-pusat kecil berbasis sungai. Merancang rute transit dan keteraturannya antara pelabuhan sungai dan hub maritim adalah tujuan utama. Kami mengusulkan sebuah studi kasus dari Laut Hitam dan wilayah hilir Sungai Danube. Sebagian besar kapal-kapal di wilayah ini hanya menggunakan sistem sungai, tetapi kapal-kapal lain juga dapat melakukan perjalanan sisi barat Laut Hitam hingga pelabuhan-pelabuhan penting seperti Ambarli atau Tekirdag.
Tujuannya adalah untuk menentukan biaya jalur operasi, frekuensinya, dan armada yang digunakan sambil memenuhi permintaan dan kendala logistik tradisional yang terkait dengan kapasitas, kualitas layanan, dan ketersediaan kapal. Diberikan satu set permintaan transportasi, satu set kapal yang tersedia dan jalur transportasi potensial, dan satu set pelabuhan, termasuk hub transshipment, faktor-faktor ini harus diperhitungkan diperhitungkan.
One of the oldest modes of human interaction is waterborne travel, and
economic and cultural exchanges have always depended heavily on aquatic travel.
More than 90% of global commerce volumes are transported by maritime routes,
particularly in global logistics networks. Liner shipping network design is one of
the most well-known optimization problems in this field. The creation of logistical
networks based on the idea of the Physical Internet (PI) is another new
development. Recent research suggests building a PI distribution system on a river
network. In addition to meeting local transportation needs, these planned transit
lines ought to be able to link the regional economy with the principal international
centers.
The purpose of this project is to bridge the gap between important maritime
hubs and small, river-based hubs. Designing transit routes and their regularity
between river ports and maritime hubs is the major goal. We propose a case study
from the Black Sea and downstream Danube River region. A significant portion of
the ships in this area only use the river system, but other ships can also travel along
the western side of the Black Sea till important ports like Ambarli or Tekirdag.
The objective is to determine the cost of operating lines, their frequency,
and the fleet used while satisfying demand and traditional logistical constraints
related to capacity, quality of service, and availability of ships. Given a set of
transportation demands, a set of available ships and potential transportation lines,
and a set of ports, including transshipment hubs, these factors must be taken into
account.
Kata Kunci : Liner Shipping, Service Network Design, Waterborne transportation