Laporkan Masalah

Analisis Penataan Register Akta Kematian Di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Sleman

Chandrika Andrean Tanjung, Waluyo, S.S., M.Hum.

2023 | Tugas Akhir | D4 Pengelolaan Arsip Rekaman Informasi

Penelitian dilakukan dengan tujuan mengkaji penataan register akta kematian  di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sleman. Register akta kematian sendiri digunakan sebagai bukti atas pekerjaan pelayanan kepada masyarakat yang  dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sleman yaitu administrasi kependudukan. Oleh karenanya, penataan register akta kematian perlu  untuk dilakukan dengan tepat agar dapat mempermudah instansi dalam temu balik serta dapat dimanfaatkan kemudian hari sesuai dengan fungsinya. 

Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan unit analisis yaitu organisasi pemerintahan sebagai subjek pengambilan data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data terdiri dari observasi lapangan, wawancara, dan studi literatur melalui berbagai referensi seperti buku, jurnal, dan produk hukum. Data yang didapatkan kemudian dihimpun serta diolah menjadi sebuah informasi dengan menggunakan metode analisis kualitatif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi data. 

Capaian Hasil dari penelitian ini memaparkan bahwa register akta kematian di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sleman yang sudah dilaksanakan berdasar peraturan menteri dalam negeri no 104 tahun 2019 tentang pendokumentasian administrasi kependudukan serta diketemukan beberapa kendala dalam proses penataan register akta kematian yaitu kurangnya sdm yang menangani dibandingkan dengan volume dokumen, sarana, dan tempat simpan yang belum memadai.

The research was conducted with the aim of studying the arrangement of death certificate registers at Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sleman. The death certificate register itself is used as evidence of community service work carried out by the Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sleman, namely population administration. Therefore, the arrangement of the death certificate register needs to be carried out properly so that it can facilitate agencies in retrieval and can be used later according to their functions.

This research was conducted using a descriptive qualitative method with the unit of analysis, namely government organizations as the subject of primary and secondary data collection. Data collection methods consist of field observations, interviews, and literature studies through various references such as books, journals, and legal products. The data obtained is then collected and processed into information using qualitative analysis methods consisting of data collection, data reduction, data presentation, conclusion drawing, and data verification.

The results of this study explained that the death certificate register at Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sleman had been carried out based on the Minister of Home Affairs Regulation No. 104 of 2019 concerning documentation of population administration and several obstacles were found in the process of structuring the death certificate register, namely the lack of human resources to handle it compared to with insufficient volume of documents, facilities, and storage space.


Kata Kunci : Penataan, Arsip, Akta Kematian

  1. D4-2023-483694-abstract.pdf  
  2. D4-2023-483694-bibliography.pdf  
  3. D4-2023-483694-tableofcontent.pdf  
  4. D4-2023-483694-title.pdf