Pengaruh Pemberian Paket Edukasi "Bayi Sehat" Terhadap Pengetahuan Ibu Post Partum Mengenai Hiperbillirubinemia Pada Bayi Baru Lahir
FLORENTINA MERDIANA SETYANINGRUM, Dr. Wiwin Lismidiati, S.Kep., M.Kep.,Sp.Kep.Mat ; Widyawati, S.Kp.,M.Kes., Ph.D
2023 | Tesis | S2 Magister Keperawatan
Latar
belakang: Salah satu cara yang digunakan untuk meningkatkan pengetahuan ibu
adalah dengan pendidikan kesehatan. Penggunaan paket edukasi “bayi sehat” yang berupa
kombinasi booklet dan video tentang hiperbillirubinemia belum banyak dilakukan. Tujuan: untuk mengetahui pengaruh pemberian
paket “Bayi Sehat” terhadap pengetahuan ibu post partum mengenai hiperbilirubinemia
pada bayi baru lahir. Metode: Penelitian
kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimental dengan pretest-posttest design dengan teknik purposive sampling. Responden dalam penelitian ini adalah ibu
postpartum baik normal maupun SC. Instrumen
yang digunakan adalah kuesioner pengetahuan dan media yang digunakan adalah booklet dan video. Analisis bivariate
menggunakan Mann Withney. Hasil: Skor pretest pengetahuan kelompok kontrol: 43,1374, kelompok intervensi= 37,8435 (p=0,179). Skor posttest pengetahuan kelompok
kontrol= 43,5288, kelompok intervensi= 69,2150 (p=0,000). Hubungan pendidikan dengan selisih skor posttest-pretest, pendidikan tinggi= 19,5657,
pendidikan rendah= 8,1818 (p=0,042).
Pekerjaan dengan selisih skor posttest-pretest,
bekerja= 21,0100, tidak bekerja= 11,0483 (p=0,089).
Usia dengan selisih skor posttest-pretest,
r= 0,131 (p=0,287). Kesimpulan: Terdapat pengaruh pemberian paket edukasi
“bayi sehat” dengan menggunakan video dan booklet terhadap pengetahuan ibu
postpartum mengenai hiperbillirubinemia pada bayi baru lahir di RS Indriati
Solo Baru. Ada hubungan yang bermakna antara variabel luar tingkat pendidikan dan
peningkatan pengetahuan ibu post partum mengenai hiperbillirubinemia.
Background: One of the methods used to increase mothers' knowledge
is health education. The use of the “healthy baby” education package in the
form of a combination of booklets and videos about hyperbilirubinemia has not
been widely used. Purpose: to
determine the effect of giving the “Healthy Baby” package on post partum
mothers' knowledge about hyperbilirubinemia in newborns. Methods: Quantitative research with a quasi-experimental research
design with a pretest-posttest design using a purposive sampling technique.
Respondents in this study were postpartum mothers, both normal and SC. The
instrument used was a knowledge questionnaire and the media used were booklets
and videos. Bivariate analysis using Mann Withney. Results: The knowledge pretest score of the control group: 43.1374,
the intervention group = 37.8435 (p=0.179). The knowledge posttest score for
the control group = 43.5288, the intervention group = 69.2150 (p=0.000). The
relationship between education and posttest-pretest score difference, higher
education = 19.5657, lower education = 8.1818 (p = 0.042). Occupations with a
posttest-pretest score difference, working = 21.0100, not working = 11.0483 (p
= 0.089). Age with posttest-pretest score difference, r= 0.131 (p=0.287).
Conclusion: there is an effect of giving educational packages
"healthy babies" using videos and booklets on the knowledge of
postpartum mothers about hyperbilirubinemia in newborns at Indriati Solo Baru
Hospital. There is a relationship between external variables, namely education
and increased knowledge of post partum mothers about hyperbilirubin
Kata Kunci : paket edukasi, pengetahuan, ibu postpartum, hiperbillirubinemia