Laporkan Masalah

Pengaruh Pemberian Paket Edukasi "Bayi Sehat" Terhadap Pengetahuan Ibu Post Partum Mengenai Hiperbillirubinemia Pada Bayi Baru Lahir

FLORENTINA MERDIANA SETYANINGRUM, Dr. Wiwin Lismidiati, S.Kep., M.Kep.,Sp.Kep.Mat ; Widyawati, S.Kp.,M.Kes., Ph.D

2023 | Tesis | S2 Magister Keperawatan

Latar belakang: Salah satu cara yang digunakan untuk meningkatkan pengetahuan ibu adalah dengan pendidikan kesehatan. Penggunaan paket edukasi “bayi sehat” yang berupa kombinasi booklet dan video tentang hiperbillirubinemia belum banyak dilakukan. Tujuan: untuk mengetahui pengaruh pemberian paket “Bayi Sehat” terhadap pengetahuan ibu post partum mengenai hiperbilirubinemia pada bayi baru lahir. Metode: Penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimental dengan  pretest-posttest design dengan teknik purposive sampling. Responden dalam penelitian ini adalah ibu postpartum baik normal maupun SC. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner pengetahuan dan media yang digunakan adalah booklet dan video. Analisis bivariate menggunakan Mann Withney. Hasil: Skor pretest pengetahuan kelompok kontrol: 43,1374, kelompok intervensi= 37,8435 (p=0,179). Skor posttest pengetahuan kelompok kontrol= 43,5288, kelompok intervensi= 69,2150 (p=0,000). Hubungan pendidikan dengan selisih skor posttest-pretest, pendidikan tinggi= 19,5657, pendidikan rendah= 8,1818 (p=0,042). Pekerjaan dengan selisih skor posttest-pretest, bekerja= 21,0100, tidak bekerja= 11,0483 (p=0,089). Usia dengan selisih skor posttest-pretest, r= 0,131 (p=0,287). Kesimpulan: Terdapat pengaruh pemberian paket edukasi “bayi sehat” dengan menggunakan video dan booklet terhadap pengetahuan ibu postpartum mengenai hiperbillirubinemia pada bayi baru lahir di RS Indriati Solo Baru. Ada hubungan yang bermakna antara variabel luar tingkat pendidikan dan peningkatan pengetahuan ibu post partum mengenai hiperbillirubinemia.

 


Background: One of the methods used to increase mothers' knowledge is health education. The use of the “healthy baby” education package in the form of a combination of booklets and videos about hyperbilirubinemia has not been widely used. Purpose: to determine the effect of giving the “Healthy Baby” package on post partum mothers' knowledge about hyperbilirubinemia in newborns. Methods: Quantitative research with a quasi-experimental research design with a pretest-posttest design using a purposive sampling technique. Respondents in this study were postpartum mothers, both normal and SC. The instrument used was a knowledge questionnaire and the media used were booklets and videos. Bivariate analysis using Mann Withney. Results: The knowledge pretest score of the control group: 43.1374, the intervention group = 37.8435 (p=0.179). The knowledge posttest score for the control group = 43.5288, the intervention group = 69.2150 (p=0.000). The relationship between education and posttest-pretest score difference, higher education = 19.5657, lower education = 8.1818 (p = 0.042). Occupations with a posttest-pretest score difference, working = 21.0100, not working = 11.0483 (p = 0.089). Age with posttest-pretest score difference, r= 0.131 (p=0.287).

Conclusion: there is an effect of giving educational packages "healthy babies" using videos and booklets on the knowledge of postpartum mothers about hyperbilirubinemia in newborns at Indriati Solo Baru Hospital. There is a relationship between external variables, namely education and increased knowledge of post partum mothers about hyperbilirubin

 

 


Kata Kunci : paket edukasi, pengetahuan, ibu postpartum, hiperbillirubinemia

  1. S2-2023-466275-abstract.pdf  
  2. S2-2023-466275-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-466275-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-466275-title.pdf