Laporkan Masalah

Strategi Perencanaan Kampanye Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) Humas Polres Purworejo Berbasis Media Online Tahun 2019-2022

Cahya Widyasmara, Dr. Novi Kurnia, M.Si., M.A.

2023 | Tesis | S2 Ilmu Komunikasi

Keamanan dan ketertiban masyarakat merupakan suatau kebutuhan pokok, namun akhir-akhir isu ganguan Kamtibmas tak pernah absen dai pemberitaan. Di Indonesia kasus kejahatan mencapai 294.281 kasus. Dalam mengimplementasikan tugas dan fungsi Kepolisian, Humas Polres Purworejo membuat konten edukasi untuk menjaga Keamanan Dan Ketertiban Masyarakat. Tentunya Humas Polres Purworejo dituntut untuk memiliki strategi komunikasi yang baik. Untuk itu penelitian ini akan membahas secara mendalam terkait strategi perencanaan Humas Polres Purworejo yang melaksanakan tugas kehumasan dengan mengelola informasi Kamtibmas melalui akun media online, dimana akun Youtube milik Humas Polres Purworejo memiliki jumlah pengikut terbanyak se-jajaran Humas Kepolisian di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi perencanaan Humas Polres Purworejo dalam kampanye Kamtibmas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif  dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara dengan metode purposive sampling, observasi dan dokumentasi terhadap anggota Humas Polres Purworejo. Hasil penelitian didapat bahwa strategi perencanaan Humas Polres Purworejo dalam kampanye Kamtibmas telah melalui tahapan yang sesuai dengan konsep perencanaan kampanye PR yakni mulai dari analisis masalah, menetapkan tujuan, publik, pesan, strategi dan taktik, skala waktu dan sumber daya, serta dalam pengawasan, evaluasi dan tinjauan. Tujuan dari kampanye Kamtibmas ialah untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat terkait pentingnya Kamtibmas. Untuk itu Humas Polres Purworejo melakukan diseminasi informasi yang bersifat informatif, edukatif, dan persuasif melalui media online yang ditujukan pada masyarakat. Evaluasi dilakukan untuk melihat capaian kampanye terkait jangkauan dan pemahaman masyarakat. Serta tinjauan dilakukan untuk mengidentifikasi perubahan strategis yang perlu dilakukan untuk kampanye berikutnya.

Security and public order are basic needs, but recently the issue of disruption to public security and order has never been absent from the news. In Indonesia, crime cases reached 294,281 cases. In implementing the duties and functions of the Police, Humas Polres Purworejo creates educational content to maintain public security and order. Of course, Humas Polres Purworejo are required to have a good communication strategy. For this reason, this research will discuss in depth the Humas Polres Purworejo planning strategy which carries out public relations duties by managing public security and order information through online media accounts, where the YouTube account belonging to the Humas Polres Purworejo has the largest number of followers in the ranks of Police Public Relations in Indonesia. This study aims to find out how the Humas Polres Purworejo planning strategy is in the Kamtibmas campaign. This research uses a descriptive qualitative approach with a case study method. The data collection technique used was through interviews using the purposive sampling method, observation and documentation of members of the Humas Polres Purworejo. The research results showed that the Purworejo Police Public Relations planning strategy in the Public Order and Security campaign had gone through stages in accordance with the concept of PR campaign planning, namely starting from problem analysis, setting goals, public, messages, strategies and tactics, time scale and resources, as well as monitoring, evaluating and review. The aim of the Kamtibmas campaign is to increase public awareness and understanding regarding the importance of Kamtibmas. For this reason, Humas Polres Purworejo carries out information dissemination that is informative, educational and persuasive through online media aimed at the public. The evaluation was carried out to see the campaign's achievements regarding community reach and understanding. As well as a review carried out to identify strategic changes that need to be made for the next campaign.

Kata Kunci : Kampanye, Strategi perencanaan, Humas Polres Purworejo

  1. S2-2023-484534-abstract.pdf  
  2. S2-2023-484534-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-484534-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-484534-title.pdf