Menguji Pengaruh Pengungkapan Keuangan pada Niat Perilaku Berdonasi Kembali secara Daring
Nuri Fina Mawaddah, Widya Paramita, S.E., M.Sc., Ph.D.
2023 | Tesis | S2 SAINS MANAJEMEN
Terlepas dengan menyatunya gaya hidup masyarakat dengan perilaku
berdonasi, berbagai media telah dihebohkan dengan adanya skandal penyelewengan
dana yang dilakukan oleh salah satu badan amal di Indonesia. Penelitian ini
berupaya menguji pengaruh pengungkapan keuangan pada niat perilaku berdonasi kembali
secara daring dan mengusulkan reputasi organisasi nirlaba dan kepercayaan
sebagai mediasi parsial yang saling mempengaruhi sehingga meningkatkan
keinginan untuk berdonasi kembali. Disamping itu, karakteristik pribadi yaitu
motivasi epistemik diusulkan sebagai moderasi yang mendorong keinginan untuk
berdonasi. Penelitian ini dilakukan di Indonesia menggunakan pendekatan
kuantitatif berbasis survei melalui 404 responden. Penelitian ini menemukan
bahwa pengungkapan keuangan secara signifikan dapat meminimalisir asimetri
informasi dan memelihara hubungan jangka panjang antara organisasi dan
konsumen. Disisi lain, evaluasi positif melalui reputasi dan kepercayaan turut
meningkat sehingga mendorong keinginan konsumen untuk berdonasi kembali.
Motivasi epistemik sebagai karakteristik pribadi tidak terbukti berpengaruh
pada keinginan untuk berdonasi kembali. Sehingga dalam berdonasi, konsumen
mengecualikan aspek pribadi. Teori Kognitif Sosial sebagai lensa untuk memotret
fenomena terbukti dapat menjelaskan interaksi tersebut.
Although charitable giving
has become one of people's lifestyles, various media have been shocked by the
scandal of misappropriation of funds by one of the non-profit organizations in
Indonesia. This study aims to examine the influence of financial disclosure on
repeat donation intention, and proposes non-profit reputation and trust as
partial mediators that influence each other to increase repeat donation
intention. This research was conducted in Indonesia
using a quantitative survey approach through 404 responses. This study found that
financial disclosure can significantly minimize information asymmetry and
maintain long-term relationships between organizations and consumers. On the
other hand, positive evaluations via reputation and trust also increase, thus
encouraging consumers' desire to donate again. Epistemic motivation as a
personal characteristic is not proven to have an influence on the desire to
donate again. So that in donating, consumers exclude personal aspects. Social
Cognitive Theory as a lens to capture the phenomenon is proven to explain the
interaction.
Kata Kunci : Financial Disclosures, Reputation, Trust, Repeat Donation Intention, Social Cognitive Theory.