ANALISIS PEMILIHAN MODA TRANSPORTASI UMUM DI KAWASAN TRANSIT ORIENTED DEVELOPMENT (TOD) DUKUH ATAS DENGAN METODE MULTINOMIAL LOGIT REGRESSION
Dhimas Prasetya Pratama, Prof. Ir. Sigit Priyanto, M.Sc., Ph.D.
2023 | Skripsi | TEKNIK SIPIL
DKI
Jakarta sebagai ibukota negara, pusat distrik bisnis, dan pusat pemerintahan,
berperan sebagai kota inti di pusat kegiatan nasional di area megapolitan yang
berfungsi untuk menghadirkan pelayanan terkait dengan kegiatan berskala
internasional, nasional, maupun provinsi, hal ini berakibat pada banyaknya
pergerakan berupa perjalanan (trip) yang terjadi di
daerah ini dan tentu perlu diimbangi dengan sistem transportasi perkotaan yang
baik sehingga dapat meminimalisir permasalahan transportasi, salah satu upaya
pemerintah dalam meningkatkan kualitas sistem transportasi perkotaan adalah
dengan membangun area berorientasi transit atau yang biasa disebut sebagai
Transit Oriented Development (TOD). Transit Oriented Development
(TOD) Dukuh Atas merupakan area TOD dengan akses moda transportasi umum
terbanyak yaitu dengan 5 moda transportasi yang terdiri dari KRL, MRT, Transjakarta,
kereta api bandara dan transportasi online. Tujuan penelitian ini adalah
untuk menganalisis pemilihan moda transportasi publik yang terjadi di area Transit
Oriented Development (TOD) Dukuh Atas serta melihat faktor apa saja yang
berpengaruh dalam pemilihan moda.
Penelitian
ini menggunakan data primer berupa data pengguna moda transportasi publik di area
TOD Dukuh Atas yang didapat dari pengisian kuesioner kepada 205 responden, metode
preferensi yang digunakan adalah revealed preference untuk mengetahui
preferensi masyarakat pengguna moda pada keadaan aktual saat ini, kemudian
analisis data menggunakan metode analisis deskriptif serta uji statistik dengan
metode multinomial logit regression.
Hasil penelitian
menunjukkan bahwa dari 5 jenis moda transportasi publik yang tersedia di area
TOD Dukuh Atas, Mass
Rapid Transit (MRT)
menjadi moda yang paling banyak dipilih untuk melakukan perjalanan dengan
persentase sebesar 33,7?n waktu tempuh menjadi alasan pertimbangan utama, kemudian
setelah dilakukan pengujian dengan multinomial logit regression terhadap karakteristik sosio ekonomi,
karakteristik perjalanan, dan karakteristik sistem transportasi sebagai tiga
kelompok utama faktor yang mempengaruhi pemilihan moda didapatkan kesimpulan
bahwa tingkat pendidikan, jarak, biaya, dan waktu tempuh memiliki pengaruh yang
signifikan terhadap pemilihan moda transportasi publik di area TOD Dukuh Atas.
DKI Jakarta as the capital of the country, the center of the
business district, and the center of government, acts as a core city in the
center of national activities in the megapolitan area which functions to
provide services related to international, national and provincial scale
activities, this results in many movements in the form of trips that occur in
this area and of course need to be balanced with a good urban transportation
system so as to minimize transportation problems, one of the government's
efforts in improving the quality of the urban transportation system is to build
transit-oriented areas or commonly referred to as Transit Oriented Development
(TOD). Transit Oriented Development (TOD) Dukuh Atas is a TOD area with access
to the most public transportation modes, namely with 5 modes of transportation
consisting of KRL, MRT, Transjakarta, airport trains and online transportation.
The purpose of this study is to analyze the selection of public transportation
modes that occur in the Dukuh Atas Transit Oriented Development (TOD) area and
see what factors influence the selection of modes.
This study uses
primary data in the form of data on users of public transportation modes in the
Dukuh Atas TOD area obtained from filling out questionnaires to 205
respondents, the preference method used is revealed preference to determine the
preferences of the community of mode users in the current actual situation,
then data analysis using descriptive analysis methods and statistical tests
with multinomial logit regression methods.
The results
showed that of the 5 types of public transportation modes available in the
Dukuh Atas TOD area, Mass Rapid Transit (MRT) is the most chosen mode to travel
with a percentage of 33.7% and travel time is the main reason for
consideration, then after testing with multinomial logit regression on
socioeconomic characteristics, travel characteristics, and transportation
system characteristics as the three main groups of factors that influence mode
selection, it was concluded that the level of education, distance, cost, and
travel time had a significant influence on the selection of public
transportation modes in the Dukuh Atas TOD area.
Kata Kunci : pemilihan moda, revealed preference, multinomial logit regression