Laporkan Masalah

Risk Mapping Pekerjaan Tanah pada Proyek Pembangunan Jalan Tol Solo – Yogyakarta – YIA Kulon Progo dengan Metode Severity Index dan Probability Impact Matrix

Alisa Fadhila Salma, Dr.Eng. Adhitya Yoga Purnama, S.T., M.Eng.

2023 | Tugas Akhir | D4 TEKNIK PENGELOLAAN DAN PEMELIHARAAN INFRASTRUKTUR SIPIL

Pembangunan di Indonesia berkembang terlihat dari dibangunnya Jalan Tol Solo – Yogyakarta – YIA Kulon Progo yang menjadi bagian dari Pembangunan Tol Trans Jawa. Dalam proyek konstruksi memiliki kegiatan kompleks yang tidak terlepas dari risiko yang dapat ditimbulkan di lokasi proyek. Keterlambatan pengerjaan pekerjaan tanah dapat mempengaruhi risiko pada proyek pembangunan Jalan Tol Solo – Yogyakarta – YIA Kulon Progo. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi risiko yang ditimbulkan dan mengetahui respon risiko yang tepat untuk objek penelitian ini. 

Pada penelitian ini dilakukan identifikasi risiko, analisis risiko, dan pemberian respon risiko dari risiko yang ditimbulkan. Metode pengambilan data dilakukan dengan penyebaran kuisioner pada stakeholder yang berperan dalam pembangunan Jalan Tol Solo – Yogyakarta – YIA Kulon Progo. Analisis dalam penelitian ini dilakukan dengan metode Severity Index dan Probability Impact Matrix. 

Berdasarkan analisis yang sudah dilakukan terdapat 35 variabel risiko yang dikelompokkan kedalam 6 kelompok risiko. Dalam analisis juga diperoleh risiko dominan yaitu risiko perubahan desain dan risiko cuaca tidak menentu. Respon risiko pada penelitian ini berupa pembuatan peta risiko dan infografis yang berisikan hasil analisis dan tindakan respon risiko yang tepat untuk menindaklanjuti risiko yang timbul di proyek pembangunan Jalan Tol Solo – Yogyakarta – YIA Kulon Progo.


Development in Indonesia is growing shown by the construction of the Solo - Yogyakarta - YIA Kulon Progo Toll Road that became part of the Trans Java Toll Road Development. Construction projects have complex activities that are inseparable from the risks that can hinder the construction process. Delays in earthworks can affect the risk in the Solo - Yogyakarta - YIA Kulon Progo Toll Road construction project. This study’s aims to identify the risks posed and determine the appropriate risk response for the object of this study.

This study's analysis phases will consist of risk identification, risk analysis, and risk response provision. The data collection in this study is obtained by distributing questionnaires to stakeholders who play a role in the construction of the Solo - Yogyakarta - YIA Kulon Progo Toll Road. The analysis in this study uses Severity Index and Probability Impact Matrix methods.

Based on the analysis, there are six risk categories containing 35 risk variables. The analysis revealed that four risk variables fall into the low-risk category, while 31 fall into the moderate-risk category. Design changes and erratic weather are the primary hazards associated with the research. In this study, the risk response consists of the creation of project risk mapping and infographics comprising the analysis results and appropriate risk response actions to follow up on the construction project's risks along the toll road.


Kata Kunci : pekerjaan tanah, risiko, severity index, probability impact matrix, peta risiko

  1. D4-2023-441053-abstract.pdf  
  2. D4-2023-441053-bibliography.pdf  
  3. D4-2023-441053-tableofcontent.pdf  
  4. D4-2023-441053-title.pdf