Laporkan Masalah

Formulasi Rencana Strategis Dengan Kerangka Objective and Key Results (OKR) Pada PT. Airtrak OTR Ban

Bellatrix Kezia Debora Mambu, Wakhid Slamet Ciptono M.B.A, M.P.M, Ph.D

2023 | Tesis | S2 Manajemen

Adanya peningkatan pada kontribusi industri pertambangan terhadap pertumbuhan ekonomi dan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) yang baru di pulau Kalimantan menjadi peluang besar bagi para pelaku bisnis khususnya di wilayah Kalimantan Timur, termasuk PT Airtrak OTR Ban. Perusahaan yang bergerak sebagai distributor ban OTR ini berusaha untuk menangkap peluang yang ada. Namun, perusahaan memerlukan rencana strategis yang tepat untuk menentukan langkah kedepan dalam pertumbuhan bisnisnya. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis faktor eksternal dan internal perusahaan, mengevaluasi misi dan visi serta merumuskan strategi yang tepat dalam mencapai tujuan perusahaan. Untuk menyusun rencana strategis perusahaan, penelitian ini menggunakan kerangka Objective and Key Results (OKR).

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa misi dan visi perusahaan belum dimengerti dan diketahui oleh seluruh karyawan sehingga manajemen perlu menyampaikan misi dan visi tersebut agar karyawan dapat mengerti perannya dalam pencapaian tujuan perusahaan. Selanjutnya, perusahaan dan departemen menentukan objektif yang ingin dicapai dan dituangkan dalam kerangka OKR. Kerangka ini membantu perusahaan untuk menghubungkan tujuan strategis dengan tindakan konkret yang dapat dilakukan oleh tim maupun individu dalam mencapai objektif yang telah ditetapkan.

The increasing contribution of the mining industry to economic growth and the development of the New National Capital City (IKN) in Kalimantan Island provide great opportunities for business people, especially in the East Kalimantan Province, including PT Airtrak OTR Ban. This company, which operates as a distributor of OTR tires, is attempting to take advantage of the opportunities that are provided. However, the company requires an appropriate strategic plan to determine the subsequent steps of its business growth. This study was conducted by investigating the company's internal and external factors, evaluating its mission and vision, and formulating an appropriate strategy to achieve the company's objectives. In this study, the Objective and Key Results (OKR) framework was used to construct a company's strategic plan.

The results of this study revealed that not all employees were aware of and comprehended the company's mission and vision. Therefore, in order for employees to comprehend their role in achieving the company's objectives, management should clearly convey its mission and vision. Furthermore, companies and departments should determine the objectives to be achieved and include them in the OKR framework. This framework assisted companies in connecting strategic goals to concrete actions that teams and individuals could implement to achieve predetermined objectives.

Kata Kunci : rencana strategis, misi, visi, Objective and Key results (OKR)

  1. S2-2023-486582-abstract.pdf  
  2. S2-2023-486582-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-486582-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-486582-title.pdf