Laporkan Masalah

STRATEGI BERSAING STUDI KASUS PADA PT. ABC

Ibrahim Yusuf, Prof. Amin Wibowo, S.E., M.B.A., Ph.D.

2023 | Tesis | S2 Manajemen

Penelitian ini memiliki 3 tujuan, yaitu untuk menganalisis faktor-faktor pada lingkungan eksternal Perusahaan yang dapat memberikan kesempatan kepada Perusahaan untuk mendapatkan keunggulan kompetitif, menganalisis faktor-faktor pada lingkungan internal Perusahaan yang dapat mendukung Perusahaan untuk mendapatkan keunggulan kompetitif, dan untuk menyusun strategi yang tepat agar Perusahaan dapat mendapatkan keunggulan kompetitif. Perusahaan yang diteliti adalah PT. ABC yang merupakan perusahaan manufaktur perhiasan yang berada di industri perhiasan kustom. Penelitian ini menggunakan jenis data kualitatif, dengan data primer berupa wawancara dengan Wakil Direktur dan para Manajer, sedangkan data sekunder berupa studi dokumen internal Perusahaan dan eksternal industri, terakhir penulis juga melakukan observasi langsung. Data dihimpun dan dianalisis menggunakan teknik triangulasi. Terdapat 2 alat analisis eksternal yaitu PESTEL dan five forces, 2 alat analisis internal yaitu SWOT serta value chain, terakhir strategi generik untuk merumuskan strategi bersaing.

Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa: (1) lingkungan eksternal memberikan kesempatan kepada Perusahaan untuk mendapatkan keunggulan kompetitif. (2) terdapat aspek internal yang mendukung Perusahaan untuk mendapatkan keunggulan kompetitif yaitu pengalaman pelanggan yang unggul, memiliki fungsi pemasaran & penjualan digital, memiliki fungsi rantai-pasok, memiliki fungsi produksi, memiliki fungsi distribusi, memiliki fungsi pelayanan, memiliki fungsi IT, memiliki fungsi modal manusia, dan memiliki fungsi umum. (3) strategi yang cocok untuk diterapkan Perusahaan untuk mendapatkan keunggulan kompetitif adalah focused differentiation strategy.

This study has 3 objectives, namely to analyze factors in the company's external environment that can provide opportunities for companies to gain competitive advantage, analyze factors in the company's internal environment that can support companies to gain competitive advantage, and to develop appropriate strategies so that companies can gain competitive advantage. The company studied is PT. ABC which is a jewelry manufacturing company that is in the custom jewelry industry. This study uses qualitative data types, with primary data in the form of interviews with Vice of CEO and Managers, while secondary data in the form of studies of internal company documents and external industry, finally the author also made direct observations. Data was collected and analyzed using triangulation techniques. There are 2 external analysis tools, namely PESTEL and five forces, 2 internal analysis tools, namely SWOT and value chain, finally a generic strategy to formulate a competitive strategy.

Based on the research results, concluded that: (1) the external environment provides opportunities for companies to gain competitive advantage. (2) there are internal aspects that support the Company to gain competitive advantage, namely superior customer experience, has a digital marketing & sales function, has a supply-chain function, has a production function, has a distribution function, has a service function, has an IT function, has a human capital function, and has general functions. (3) the strategy that is suitable for the company to gain competitive advantage is a focused differentiation strategy.

Kata Kunci : industri perhiasan kustom, strategi generik, five forces, PESTEL, SWOT, value chain

  1. S2-2023-486514-abstract.pdf  
  2. S2-2023-486514-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-486514-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-486514-title.pdf