Laporkan Masalah

Perancangan Dashboard Maturitas Klaim Berbasis Web BPJS Kesehatan Kantor Cabang Sleman

Riyana Esty Kusumadewi, Dr. Nur Rokhman, S.Si., M.Kom.

2023 | Tugas Akhir | D4 MANAJEMEN INFORMASI KESEHATAN

Latar Belakang : Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan sebagai penjamin biaya membantu rumah sakit dengan melakukan pengawasan dan audit klaim. Maturitas klaim dapat disajikan dengan visualisasi dalam bentuk dashboard. Dashboard dapat mempermudah BPJS Kesehatan dalam menyajikan data terkait kualitas klaim kepada rumah sakit dengan berbagai bentuk grafik yang sesuai dengan jenis data. Selain itu, BPJS Kesehatan Cabang Sleman dapat mengirimkan informasi atau feedback terkait klaim yang diajukan secara cepat dan mudah. Selanjutnya, dengan adanya dashboard BPJS Kesehatan Cabang Sleman dapat memberikan transparasi data terkait jumlah klaim yang diajukan oleh rumah sakit.

Tujuan : Menghasilkan dashboard maturitas klaim BPJS Kesehatan Kantor Cabang Sleman

Metode : Perancangan dashboard maturitas klaim ini menggunakan metode waterfall dari tahap requirement hingga verification. Perancangan dilakukan pada bulan Maret sampai dengan Juni 2023. Subjek perancangan melibatkan case manager BPJS Kesehatan dan staf utilitas. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, studi dokumentasi, dan FGD. 

Hasil : Dashboard maturitas klaim berbasis web dengan dua versi yang pertama versi draft untuk case manager dan kedua versi publish untuk rumah sakit. Dashboard maturitas klaim memiliki menu homepage, daftar rumah sakit, maturitas klaim dengan sub menu maturitas klaim rawat jalan dan maturitas klaim rawat inap, dan mutu ajuan rawat inap dengan sub menu mutu ajuan rawat jalan dan mutu ajuan rawat inap.

Kesimpulan : Dashboard maturitas klaim dapat diakses secara website. Dashboard telah dilakukan presentasi dan simulasi hasil. Dashboard dapat digunakan untuk memberikan feedback terkait kualitas klaim oleh BPJS Kesehatan kepada rumah sakit. 

Background: The Social Security Administration (BPJS) Health as a cost guarantor assists hospitals by monitoring and auditing claims. Claim maturity can be presented with visualization in the form of a dashboard. Dashboards can make it easier for BPJS Kesehatan to present data related to claim quality to hospitals with various forms of graphics that match the type of data. In addition, BPJS Kesehatan Sleman Branch can send information or feedback regarding claims submitted quickly and easily. Furthermore, with the dashboard BPJS Kesehatan Sleman Branch can provide data transparency related to the number of claims submitted by the hospital.

Objective: Produce a claim maturity dashboard for BPJS Kesehatan Sleman Branch Office.

Methods: The design of this claim maturity dashboard uses the waterfall method from the requirement stage to verification. The design was carried out from March to June 2023. The design subjects involved BPJS Health case managers and utility staff. Data collection techniques are carried out by observation, documentation study, and FGD. 

Results: Web-based claim maturity dashboard with two versions, the first draft version for case managers and the second published version for hospitals. The claim maturity dashboard has a homepage menu, a list of hospitals, claim maturity with sub menus for outpatient claim maturity and inpatient claim maturity, and inpatient application quality with sub menus for outpatient application quality and inpatient application quality.

Conclusion: The claim maturity dashboard can be accessed on the website. The dashboard has been presented and simulated results. The dashboard can be used to provide feedback regarding the quality of claims by BPJS Health to hospitals. 

Kata Kunci : Dashboard, Maturitas, Klaim, Waterfall, Maturity, Claims

  1. D4-2023-440964-abstract.pdf  
  2. D4-2023-440964-bibliography.pdf  
  3. D4-2023-440964-tableofcontent.pdf  
  4. D4-2023-440964-title.pdf