Analisis Karakteristik, Motivasi Dan Persepsi Leisure Dari Bleisure Travelers Di Kalangan Wisatawan Konferensi
Gerda Crista, Drs. Hendrie Adji Kusworo, M.Sc., Ph.D. ;Bapak Drs. John Suprihanto, MIM, Ph.D.
2023 | Tesis | S2 Magister Kajian Pariwisata
Pertumbuhan
wisatawan bisnis semakin meningkat dari tahun ke tahun, begitu juga jumlah
wisatawan yang menghadiri konferensi diperkirakan akan terus mengalami
peningkatan. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa wisatawan bisnis yang
menambahkan aktivitas leisure juga terus mengalami pertumbuhan. Berdasarkan
hasil penelitian terdahulu, bleisure traveler hanya disematkan kepada
wisatawan bisnis yang menambahkan aktivitas leisure dalam agenda
perjalanan bisnis mereka. Hal ini memperlihatkan bahwa bekerja dan leisure merupakan
dua hal yang bertolak belakang. Berdasarkan perkembangan literatur yang
membahas tentang leisure, diketahui bahwa leisure bukanlah hanya
sebagai aktivitas yang mengisi waktu luang saja, atau waktu luang yang ada
diluar pekerjaan tetapi juga bermakna sebuah keadaan dimana seseorang
mendapatkan pengalaman optimal (optimal experience) dari sebuah
aktivitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tipe bleisure
traveler baik yang menambahkan leisure maupun tidak di kalangan
wisatawan konferensi berdasarkan karakteristik, motivasi dan persepsi mereka
tentang leisure.
Penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif dimana wisatawan konferensi domestik diberi
serangkaian kuesioner untuk diisi dan dari hasil pengisinan akan diolah
berdasarkan karakteristik, motivasi perjalanan dan persepsi mereka tentang leisure.
wisatawan konferensi dibagi kedalam dua kelompok yaiut kelompok yang
menambahkan leisure dan kelompok yang tidak menambahkan leisure. Dalam hal
karakteristik, hasil penelitian menunjukkan hanya dua indikator dari variable
karakteristik perjalanan yang dapat membedakan masing-masing tipe bleisure
traveler yaitu indikator transportasi dan lama tinggal (length of stay).
Pada variabel
motivasi, peneliti menggunakan lima tipelogi motivasi untuk mengetahui tipe bleisure
traveler di kedua kelompok wisatawan konferensi. Dari lima tipe tersebut ditemukan
bahwa kedua kelompok wisatawan konferensi cenderung masuk ke dalam tipe experiental
learners diikuti dengan tipe Carrier-Active Trailblazers dan Altruistic
Knowledge Sharers.
Untuk hasil
persepsi leisure, berdasarkan hasil penelitian ini, wisatawan konferensi
yang menambahkan leisure cenderung memiliki persepsi leisure
sebagai waktu
luang sedangkan wisatawan yang tidak menambahkan leisure cenderung memaknai leisure
sebagai sebuah pengalaman optimal yang dialami oleh wisatawan.
The growth of business tourists is increasing every
year, and so is the number of tourists attending conferences which continues to
grow. Several studies stated that business tourists who add leisure activities
also continue to experience growth. Based on the results of previous research,
The term bleisure traveler is always understood as a business traveler that
adds leisure activities to their business travel agenda. This sense shows that
work and leisure are two opposite things. Based on the development of the
literature on leisure studies, it has been explained that leisure is not only
an activity that fills free time or free time outside of work, but also means a
condition where a person gets optimal experience from an activity. The aim of this research
is to determine the type of bleisure traveler who adds leisure or not among
conference tourists based on
their characteristics, motivations, and perceptions of leisure.
This research uses a
quantitative method where domestic conference tourists are given a series of
questionnaires to fill out and the results of filling in will be processed
based on their characteristics, travel motivation and perceptions about
leisure. Conference tourists are divided into two groups, group that add
leisure and group that do not add leisure. In terms of characteristics, the
research results show that only two indicators of travel characteristic
variables that can differentiate each type of bleisure traveler, they are transportation
indicators and length of stay.
In the motivation
variable, researchers used five motivation typologies to determine the type of
bleisure traveler in the two groups of conference tourists. Of the five types,
it was found that the two groups of conference tourists tended to fall into the
experiential learner type, followed by the Carrier-Active Trailblazers and
Altruistic Knowledge Sharers types. In leisure perceptions variable, based on
the results of this research, conference tourists who add leisure tend to
perceive leisure as free time, while tourists who do not add leisure tend to
interpret leisure as an optimal experience.
Kata Kunci : Wisatawan Konferensi; Bleisure Traveler; Karakteristik; Motivasi; Persepsi Leisure