WHAT ATTRIBUTES DO GEN Z IN JABODETABEK AREA FIND IMPORTANT IN PURCHASING SMARTPHONES?
Alif Prasetiyo Seno Priyanto, Fleur Prins MSc
2023 | Skripsi | MANAJEMEN
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atribut-atribut apa yang dianggap penting oleh
Generasi Z di wilayah Greater Jakarta. Penelitian ini akan menggunakan metode analisis
nilai konjoin untuk mengetahui seberapa penting atribut-atribut seperti merek, harga,
kapasitas memori, dan resolusi kamera dari sebuah smartphone. Subjek-subjek penelitian
ini adalah Generasi Z atau individu yang berusia 13-27 tahun yang tinggal di wilayah
Jabodetabek. Penelitian ini menggunakan data yang dikumpulkan melalui metode diskusi
kelompok fokus dan kuesioner online dengan menampilkan beberapa profil produk
lengkap dari smartphone yang terdiri dari beberapa atribut dan tingkatannya. Hasil yang
diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa Generasi Z memiliki karakteristik dan
perbedaan tersendiri sebagai generasi yang dibentuk oleh lingkungan mereka yang dekat
dan memiliki akses mudah ke teknologi. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa keempat
atribut yang dihighlight dalam penelitian ini dianggap sebagai atribut penting bagi
seorang smartphone bagi Generasi Z di wilayah Jabodetabek, dengan merek yang
dianggap sebagai atribut paling penting dari semuanya. Temuan dari penelitian ini
diharapkan dapat berguna bagi pemasar dalam industri smartphone untuk
mengembangkan atribut-atribut smartphone yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan
Generasi Z di wilayah Jabodetabek, serta sebagai informasi yang dapat digunakan oleh
pemasar dalam mengembangkan dan menciptakan inovasi lebih lanjut untuk kampanye
pemasaran yang ditargetkan.
This study aims to find out which attributes of a smartphone are considered important by Gen
Z in the Greater Jakarta area. This study will use the conjoint value analysis method to find out
how important brand attributes, price, memory capacity, and camera resolution are from a
smartphone. The subjects of this study are Gen Z or people aged 13-27 years who live in the
Jabodetabek area. This study uses data collected through focus group discussion methods and
online questionnaires by displaying several full product profiles of a smartphone consisting of
several attributes and levels. The results obtained from this study indicate that Gen Z has their
own different characteristics and differences as a generation that are shaped due to their
environment that are close and have an easy access to technologies. The study also showed that
all four of the attributes that are highlighted in this study are considered as an important
attribute for a smartphone for Gen Z in the Jabodetabek area, with brands that are considered
as the most important attributes of all. The findings from this study are expected to be useful
for marketers in the smartphone industry in developing smartphone attributes that suit the
preferences and needs of Gen Z in Jabodetabek area, and as information that can be used by
marketers in developing and creating more innovations for targeted marketing campaigns.
Kata Kunci : conjoint analysis, attributes, smartphones