Pengaruh Minat dan Penggunaan Bank Soal terhadap Performa Akademik Mahasiswa Akuntansi
Nadimma Denok Prasista, Arizona Mustika Rini, S.E., M.Bus(Acc)., Ph.D., Ak., CA.
2023 | Skripsi | AKUNTANSI
Dalam pendidikan formal, mahasiswa akan melalui penilaian performa akademik untuk mengukur pemahaman mereka. Salah satu aspek yang mempengaruhi prestasi akademik adalah tingkat minat. Selain itu, banyak penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa penggunaan bank soal memiliki buruk bagi mahasiswa. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengkaji perbedaan prestasi akademik siswa berdasarkan tingkat minat dan pemanfaatan bank soal di kelas. Pendekatan penelitian eksperimen lapangan digunakan untuk penelitian kuantitatif ini. Penelitian ini menggunakan data primer dengan sampel mahasiswa akuntansi FEB UGM yang sedang mengikuti mata kuliah Pengauditan I pada semester genap tahun akademik 2022/2023. Data diperoleh melalui kuis dan kuesioner yang diberikan kepada siswa di kelas luar jaringan. Hasilnya, tidak ada perbedaan yang signifikan dalam prestasi akademik antara siswa yang memiliki tingkat minat tinggi dan rendah. Namun, ada perbedaan yang signifikan dalam hasil antara siswa yang menerima pertanyaan verbatim dan mereka yang menerima pertanyaan parafrase. Siswa yang menerima pertanyaan verbatim tampil lebih baik secara akademis daripada siswa yang menerima pertanyaan parafrase yang dimodifikasi, dengan rata-rata masing-masing 67,98 dan 56,07.
In formal education setting, students will go through academic performance assessments to assess their understanding. One aspect that affects academic performance is the level of interest. Apart from that, many previous studies have demonstrated that the use of test banks has a detrimental impact on students. Therefore, this study is being conducted to examine the differences in student academic performance based on the level of interest and the utilization of test banks in class. A field experiment research approach was used for this quantitative study. This study relied on primary data from a sample of FEB UGM accounting students enrolled in the Auditing I course during the even semester of the 2022/2023 academic year. The information was obtained via quizzes and questionnaire given to students in offline classes. According to the findings, there was no significant difference in academic performance between student who has high and low interest levels. There was, however, a significant difference in results between students who received verbatim questions and those who received paraphrased questions. Students who received verbatim questions performed better academically than students who received modified paraphrased questions, with averages of 67.98 and 56.07, respectively.
Kata Kunci : performa akademik, tingkat minat, bank soal