Laporkan Masalah

Dampak lalu lintas penutupan rute bis kota di Kampus UGM Yogyakarta

GUNAWAN, Indra, Ir. Dewanti, MS

2003 | Tesis | Magister Sistem dan Teknik Transportasi

Kebijakan untuk memasukkan rute bis kota dalam lingkungan kampus UGM adalah bertujuan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang akan melakukan akses ke lingkungan UGM. Namun dampak dari kebijakan ini temyata lebih banyak negatifnya bagi lingkungqn kampus UGM sebagai sarana untuk belajar. Berdasarkan penelitian - penelitan yang dilakukan terhadap bus kota yang memasuki jalan lingkungan kampus UGM didapatkan hasil bahwa load factor bus kota ketika masuk kampus bemilai kecil. Hal ini berarti bahwa bus - bus kota hanya lewat saja dan membebani jalan sementara sedikit penumpang yang memanfaatkannya. Bus - bus tersebut mangakibatkan kernacekin, kesemrawutan, polusi udara, kebisingan dan dampak negatif lainnya. Oleh sebab itu penutupan rute bis kota dikampus UGM dirasa semakin pendesak untuk direalisasikan. Untuk melakukan penutupan rute hams dilakukan dengan melalui kajian - kajian terhadap dampak - dampak yang akan muncul akibat penutupan rute tesebut. Perlelitian ini bertujuan untuk melihat dampak lalu lintas sebagai akibat penutupan rute bis kota di kampus UGM. Dampak lalulintas diteliti dengan menginventarisir jalur - jalur trayek bis kota yang melalui kampus UGM dan data primer dari hasil survai. Data primer diambil melalui survai volume Iqlu lintas yang melalui was jalan lingkar UGM dan beberapa ruas jalan disekitar seperti JI. Kaliurang, JI. Gejayan, Ring road Utara, JI. Colombo, JI. Prof. Dr. Sardjito, JI. C Sitnanjuntak, JI. Cik Di Tiro, dan JI. Prof. Herman Yohanes. Perhitungan kdpasitas dan kecepatan pada ruas jalan digunakan teori Manual kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997 sedangkqn pembebanan (assigmenf) lalu lintas dengan menggunakan alat ban{u bantuan soft ware TFTP 97 sehingga dapat diketahui perubahan kineja masing - masing ruas jalan. Pengalihan rute bis kota dilakukan secara terintegrasi dengan penerapan bis kampus, pengalihan rute dengan memperhatikan nilai kapasitas jalan agar pengalihan rute tidak me+bebani was jalan melebihi kapasitas yang mampu di terima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penutupan rute bis kota di kampus )GM memberikan dampak peningkatan kineja pada jaringan jalan yang diteliti, yaitu rata - rata terjadi penurunan VC-ratio sebesar 7,58 %. Meskipun dalam skenario penutupan rute bis kota di kampus UGM ini terjadi vfuiasi berupa peningkatan dan penurunan volume, namun semuanya masih dibawah kapasitas yang mampu ditanggung oleh ruas jalan. Sebagian besar VC-ratio berada pada rentang 0,20 - 0,40 hanya tiga ruas saja yang menunjukkan nilai VC-ratio pada rentang 0,45 - 0,75 yaitu was JI. Kaliurang, JI. Prof. Dr. Sardjito dan JI. Prof. Herman Yohanes, namun nilai masih dalam kriteria baik.

The policy that allows city bus to have a route inside the UGM campus area is aimed to provide transportation service for the people who need access iqto the area. But in reality, negative impacts - for the campus as a place for study- occur more. Research taken to city buses entering the campus area show that the load factor of these buses is low. It indicates that these buses only pass through and burden the roads, but yet with small number of passengers. These buses cause traffic jam, untidiness, air pollution, noise, and other negative impacts. Therefore, city bus route closing to the campus area is considered urgent. However, closing the route requires study of impacts that may occur due to the route closing. The objective of the study is to identify the traffic impacts due to city bus route closing in the UGM campus area by inventorying the routes passing through the campus area and primary data resulted from survey. The primary data is taken through a survey of traffic volume passing through the campus roads and several roads surrounding the campus such as JI. Kaliurang, JI. Gejayan, North Ring Road, JI. Colombo, JI. Prof. Dr. Sarjdito, JI. C. Simanjuntak, and JI. Prof. Herman Yohanes. The analysis of Road Capacity Manual in Indonesia (MKJI) 1997 is used for calculating road capacity and speed. The traffic assignment is calculated using the TFTP 97 software to identify the performance changing of each road. The diversion of the route is carried out in integrate manner by operating the campus bus, having route diversion by cohsidering the road capacity value in order not to give load to the road more than its capacity. Results of the study show that the impact of the bus route closing in UGM campus area is the increase of the road-net performance and VC-ration decrease of 7.58 in average. Although vatiation, which is volume increase and decrease, occurs in the bus route-clqing scenario, it is still under the capacity the road can handle. Most of the'VC-ratios range between 0.20 - 0.40, only three roads showing VC-ratios that range between 0.45 - 0.75. These roads are JI. Kaliurang, JI. Prof. Dr. Sardjito, and JI. Prof. Herman Yohanes, but the value is still in acceptable criteria.

Kata Kunci : Bis Kota,Penutupan Rute,Dampak Lalu Lintas


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.