Laporkan Masalah

STRATEGI PT XYZ MENGUASAI PASAR INDONESIA MELALUI OEM (ORIGINAL EQUIPMENT MANUFACTUR) STUDI PADA: PRODUK PERALATAN KESEHATAN

Dwijati Purnama, Prof. Amin Wibowo, M.B.A., Ph.D.,

2023 | Tesis | S2 Manajemen

PT XYZ adalah perusahaan manufaktur yang bergerak dibidang produk peralatan kesehatan. Pasar Indonesia yang begitu luasnya membuat strategi kerja sama melalui OEM menjadi strategi yang efisien. Adapun untuk membuktikan strategi berjalan dengan baik serta mengantisipasi terjadinya perubahan adalah dengan melakukan analisis faktor industri yang bertujuan untuk mengetahui faktor lingkungan eksternal dengan perspektif Porter’s Five Forces.

Penelitian ini juga bertujuan mengidentifikasi apakah kegagalan di dalam pasar vertikal yang menyebabkan penurunan kinerja serta memastikan bahwa strategi integrasi vertikal layak untuk diterapkan. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara tiga (3) informan top manajemen serta memberikan kuesioner kepada dua belas (12) responden yang merupakan jajaran manajemen dari PT XYZ serta data-data pendukung lainnya. 

Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Analisis diawali dengan melakukan wawancara kepada top manajemen untuk mengetahui strategi lebih mendalam. Kemudian memberikan kuesioner terkait faktor lingkungan eksternal dengan perspektif Porter’s Five Forces. Serta melakukan uji analisis apakah strategi yang dijalankan sudah tepat yaitu dengan rerangka “When and when not to vertically integrate”.

Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa faktor eksternal dari analisis faktor persaingan industri cukup tinggi dengan nilai 3.5. Selanjutnya dari rerangka Vertical Market Structure terlihat bahwa jumlah penjual dan pembeli sedikit di dalam pasar berpotensi terjadinya vertical market failure. Uji Transaction Asset Matrix dilihat dari aset yang spesifik dan tingginya transaksi membuat strategi Integrasi Vertikal tepat untuk dipilih. 


Kata kunci: Aset Spesifik, Five Forces Porter’s, Integrasi Vertikal, Kegagalan Pasar Vertikal, Transaction Asset Matrix dan Vertical Market Structure.


PT XYZ is a manufacturing company engaged in medical equipment products. Due to the expansive of Indonesian market, Original Equipment Manufacturing (OEM) become an efficient way for cooperation strategy. As for proving the strategy is running well and anticipating the occurrence of changes, analysis of the strategic industry is urgently needed. Strategic industry factor analysis aims to determine external environmental factors with the perspective of Porter's Five Forces.

The aim of this study is to identify whether there is a failure in the vertical market cause a decrease in performance and ensure that the vertical integration strategy is feasible to implement. Data collection was conducted by interviewing three top management people and giving questionnaire to twelve respondents from the management ranks of PT XYZ and other supporting data.

A qualitative descriptive analysis method is used in this stydy. The analysis begins with conducting interviews with top management in order to identify strategy more comprehensively. Questionnaire related to external environmental factors with the perspective of Porter's Five Forces is conducted to management ranks of PT XYZ. As well as conducting an analysis test of whether the strategy being implemented is appropriate, namely with the “When and when not to vertically integrate framework”.

The result of this shows that the external factors from the factor analysis of industrial competition were quite high with a value of 3.5. Furthermore, based on the framework of the Vertical Market Structure, it could be seen that the small number of sellers and buyers in the market has the potential for vertical market failure. The Transaction Asset Matrix Test is seen from specific assets and the high number of transactions makes the Vertical Integration strategy the right choice.


Keywords: Five Forces Porter’s, Vertical Integration, Specific Assets, Vertical Market Failure, Vertical Market Structure and Transaction Matrix Assets.


Kata Kunci : Aset Spesifik, Five Forces Porter’s, Integrasi Vertikal, Kegagalan Pasar Vertikal, Transaction Asset Matrix dan Vertical Market Structure.

  1. S2-2023-485940-abstract.pdf  
  2. S2-2023-485940-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-485940-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-485940-title.pdf