Laporkan Masalah

Pengaruh Pengalaman Bekerja Jarak Jauh terhadap Flow dengan Peran Mediasi oleh Technostress dan Kesepian: Studi pada Karyawan Perusahaan Online Travel Agent (OTA) di Indonesia

Hasna Aghnia Nabila, Dr. Dra. Diah Retno Wulandaru, MBA.

2023 | Tesis | S2 Manajemen

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh pengalaman bekerja jarak jauh terhadap flow dengan technosress dan kesepian sebagai variabel pemediasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei untuk mendistribusikan kuesioner penelitian. Objek pada penelitian ini adalah karyawan perusahaan online travel agent (OTA) di Indonesia yang bekerja dari jarak jauh baik secara penuh maupun hybrid dan memanfaatkan teknologi dalam pekerjaan sehari-hari. Jumlah responden pada penelitian ini sebanyak 242 orang dengan teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Structural Equation Model (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS) dengan menggunakan aplikasi SmartPLS. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa pengalaman bekerja jarak jauh memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap flow serta technostress dan kesepian memediasi pengaruh pengalaman bekerja jarak jauh terhadap flow.

This study aims to examine and analyze the effect of remote work experience on flow with technostress and loneliness as mediating variables. This research is a quantitative research using a survey method to distribute research questionnaires. The objects in this study are employees of online travel agent (OTA) companies in Indonesia who work remotely both in full and hybrid work setting and utilize technology in their daily work. The number of respondents in this study were 242 people with the sampling technique used was purposive sampling. The data analysis technique in this study used a Structural Equation Model (SEM) method based on Partial Least Square (PLS) using the SmartPLS application. The results of this study stated that remote work experience has a positive and significant effect on flow also technostress and loneliness mediate the effect of remote work experience on flow.

Kata Kunci : Flow, Kesepian, Pengalaman Bekerja Jarak Jauh, Technostress

  1. S2-2023-490603-abstract.pdf  
  2. S2-2023-490603-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-490603-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-490603-title.pdf