Faktor Faktor Yang Memengaruhi Perilaku Konsumen Memilih Klinik Layanan Bayi Tabung
PAULINA ARUAN, Sari Winahjoe Siswomihardjo, Dr., M.B.A.
2023 | Tesis | S2 MANAJEMEN (MM) JAKARTA
Penelitian ini bertujuan untuk menguji
faktor-faktor yang memengaruhi perilaku konsumen untuk memilih klinik layanan
bayi tabung dengan variabel nama merek, fitur produk, pengaruh sosial,
pengorbanan produk sebagai variabel independen dan variabel perilaku memilih
sebagai variabel dependen. Hipotesis yang
digunakan dalam penelitian ini, (1) Nama Merek berpengaruh pada Perilaku
Konsumen Untuk Memilih Klinik Bayi Tabung, (2) Fitur Produk berpengaruh pada
Perilaku Konsumen Untuk Memilih Klinik Bayi Tabung, (3) Pengaruh Sosial
berpengaruh pada Perilaku Konsumen Untuk Memilih Klinik Bayi Tabung, (4)
Pengorbanan Produk berpengaruh pada Perilaku Konsumen Untuk Memilih Klinik Bayi
Tabung, Objek dalam penelitian ini adalah Klinik Bayi Tabung. Subjek dalam
penelitian ini adalah konsumen yang telah menggunakan klinik bayi tabung. Data yang digunakan dalam penelitian
dikumpulkan melalui survei kuesioner secara daring, dan kemudian diperoleh data
dari 267 responden. Responden merupakan pasien yang telah menggunakan klinik
layanan bayi tabung. Data kemudian diolah menggunakan analisis Structural
Equation Modeling (SEM) dengan bantuan software AMOS. Hasil penelitian
didapatkan bahwa bahwa variabel nama merek, fitur produk, pengaruh sosial dan
pengorbanan produk memberikan hasil positif dan signifikan pada perilaku
memilih klinik layanan bayi tabung.
This study aims to
examine the factors that influence consumer behavior to choose IVF service
clinics with variables of brand name, product features, social influence, and product sacrifice as the independent variable and behavioral variables choosing
as the dependent variable. The hypotheses used in this study, are (1) Brand Name
has an effect on Consumer Behavior to Choose IVF Clinic, (2) Product Features
affect Consumer Behavior to Choose IVF Clinic, (3) Social Influence affects
Consumer Behavior to Choose IVF Clinic, (4) Product Sacrifice affects Consumer
Behavior to Choose IVF Clinic. The object of this study is IVF Clinic. The
subjects in this study were consumers who had used IVF clinics. The data used
in the study were collected through an online questionnaire survey, and then
data were obtained from 267 respondents. The respondents were patients who had
used IVF clinics. The data is then processed using Structural Equation Modeling
(SEM) analysis with the help of AMOS software. The results of the study found
that the variables of brand name, product features, social influence, and
product sacrifice gave positive and significant results on the behavior of
choosing IVF clinics.
Kata Kunci : Perilaku Memilih, Nama Merek, Fitur Produk, Pengaruh Sosial, Pengorbanan Produk, IVF Clinic.