Pengaruh Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Terhadap Intensi Melamar Pekerjaan Melalui Reputasi Perusahaan Sebagai Variabel Pemediasi Studi pada Mahasiswa Tingkat Akhir di Univesitas Gadjah Mada
Farah Yasa Aulia, Intention to apply a job; corporate reputation; and corporate social responsibility.
2023 | Tesis | S2 Manajemen
Penelitian ini bertujuan untuk menguji
dan menganalisis pengaruh tanggung jawab sosial perusahaan terhadap intensi
melamar pekerjaan melalui reputasi perusahaan sebagai variabel pemediasi studi
pada mahasiswa tingkat akhir di Universitas Gadjah Mada (UGM). Penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei untuk mendistribusikan
kuesioner penelitian. Objek pada penelitian ini adalah mahasiswa tingkat akhir
di UGM. Jumlah responden yang diolah dalam penelitian ini sebanyak 457
responden. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini
menggunakan Structural Equation Model (SEM)
berbasis Partial Least Square (PLS).
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa variabel tanggung jawab sosial perusahaan
dengan variabel intensi melamar pekerjaan berpengaruh positif. Reputasi
perusahaan memediasi secara parsial pengaruh tanggung jawab sosial perusahaan
terhadap intensi melamar pekerjaan.
This study aims to examine and analyse
the effect of corporate social responsibility on the intention to apply through
company reputation as a mediating variable in final year students at Gadjah
Mada University (UGM). This research is quantitative research using a survey
method to distribute research questionnaires. The objects in this study are
final year students at UGM. The number of respondents who were processed in
this study were 457 respondents. The sampling technique used is purposive
sampling. The data analysis technique in this study used the Partial Least
Square (PLS) based Structural Equation Model (SEM). The results of this study
state that the corporate social responsibility variable with the intention to
apply variable has a positive effect. Company reputation partially mediates the
effect of corporate social responsibility on the intention to apply.
Kata Kunci : Intensi melamar pekerjaan, reputasi perusahaan dan tanggung jawab sosial perusahaan.