Laporkan Masalah

Pengaruh Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Terhadap Intensi Melamar Pekerjaan Melalui Reputasi Perusahaan Sebagai Variabel Pemediasi Studi pada Mahasiswa Tingkat Akhir di Univesitas Gadjah Mada

Farah Yasa Aulia, Intention to apply a job; corporate reputation; and corporate social responsibility.

2023 | Tesis | S2 Manajemen

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh tanggung jawab sosial perusahaan terhadap intensi melamar pekerjaan melalui reputasi perusahaan sebagai variabel pemediasi studi pada mahasiswa tingkat akhir di Universitas Gadjah Mada (UGM). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei untuk mendistribusikan kuesioner penelitian. Objek pada penelitian ini adalah mahasiswa tingkat akhir di UGM. Jumlah responden yang diolah dalam penelitian ini sebanyak 457 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Structural Equation Model (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menyatakan bahwa variabel tanggung jawab sosial perusahaan dengan variabel intensi melamar pekerjaan berpengaruh positif. Reputasi perusahaan memediasi secara parsial pengaruh tanggung jawab sosial perusahaan terhadap intensi melamar pekerjaan.

 


This study aims to examine and analyse the effect of corporate social responsibility on the intention to apply through company reputation as a mediating variable in final year students at Gadjah Mada University (UGM). This research is quantitative research using a survey method to distribute research questionnaires. The objects in this study are final year students at UGM. The number of respondents who were processed in this study were 457 respondents. The sampling technique used is purposive sampling. The data analysis technique in this study used the Partial Least Square (PLS) based Structural Equation Model (SEM). The results of this study state that the corporate social responsibility variable with the intention to apply variable has a positive effect. Company reputation partially mediates the effect of corporate social responsibility on the intention to apply.

 



Kata Kunci : Intensi melamar pekerjaan, reputasi perusahaan dan tanggung jawab sosial perusahaan.

  1. S2-2023-490307-abstract.pdf  
  2. S2-2023-490307-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-490307-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-490307-title.pdf