Laporkan Masalah

Analisis Supply Chain Management Komoditas Teh Hitam PT Pagilaran

AGNES ASTRID ALFANI, Dr. Ir. Suhatman Hardyastuti, M.S.; Dr. Jamhari, S.P., M.P.

2012 | Skripsi | S1 EKONOMI PERTANIAN DAN AGRIBISNIS

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi volume pasokan teh hitam dari kebun inti, plasma, dan supplier lain; mengidentifikasi perkembangan supply dan permintaan terkait dengan jumlah dan grade teh hitam; mengidentifikasi klasifikasi pasar, baik dari sisi supplier maupun buyer; mengetahui pemenuhan perusahaan terhadap permintaan buyer. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif analisis, data yang digunakan adalah data sekunder dengan menggunakan data produksi, pembelian, dan permintaan PT Pagilaran setiap bulan dari tahun 2007 sampai dengan 2011. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis ANOVA dengan post hoc tukey yang digunakan untuk membandingkan kontribusi volume pasokan teh hitam dari kebun inti, plasma, dan supplier lain; analisis trend digunakan untuk mengetahui perkembangan volume permintaan dan pasokan teh hitam dari kebun inti, plasma, dan supplier lain; analisis CR4 digunakan untuk mengetahui klasifikasi pasar supplier dan buyer; dan analisis gap digunakan untuk mengetahui pemenuhan permintaan buyer. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kontribusi pasokan teh hitam dari kebun inti, plasma, dan supplier lain pada tahun 2007 memiliki perbedaan signifikan, tahun 2008 dan 2009 kontribusi pasokan antara kebun inti dan plasma tidak signifikan, tahun 2010 dan 2011 kontribusi dari ketiga sumber memiliki perbedaan yang tidak signifikan. Perkembangan trend volume pasokan teh hitam dari kebun inti sedikit menurun, trend dari kebun plasma meningkat, dan trend dari supplier lain juga meningkat, serta trend permintaan teh hitam dari buyer meningkat. Klasifikasi pasar menurut supplier pada tahun 2007 – 2009 termasuk jenis pasar yang mendekati monopoli, pada tahun 2010 – 2011 termasuk dalam pasar oligopoli ketat. Sedangkan klasifikasi pasar menurut buyer tahun 2007 – 2011 termasuk dalam pasar oligopsoni ketat. PT Pagilaran memenuhi permintaan teh hitam dari buyer dengan mendatangkan supply dari kebun inti, plasma, dan membeli dari supplier lain.

This research aims to find out the volume contributions of black tea supply from core plantation, plasm plantation, and other supplier; identifying the development of supply and demand related to the amount and grade of black tea; identifying the market classifications, either from the supplier or buyer; find out the company's fulfillment of buyer's demand. The method used is descriptive analysis, the data that used are secondary data by using production, purchase, and demand data from PT Pagilaran in every month from 2007 until 2011. The analysis that used in this research are ANOVA analysis with tukey post hoc test in order to compare the supply volume contributions of black tea from core plantation, plasm plantation, and other supplier; trend analysis to discover the developments of supply and demand volume from core plantation, plasm plantation, and other supplier; CR4 analysis is used to determine the market classification of supplier and buyer; and gap analysis is used to find fulfillment of buyer's demand. The result in this research indicate that the contribution of black tea supply from core plantation, plasm plantation, and other supplier in 2007 have significant differences; in 2008 and 2009, supply contributions between core plantation and plasm plantation was not significant; in 2010 and 2011 contributions from all three sources have unsignificant differences. The development of black tea volume trend from core plantation slightly decreasing, plasm plantation trend increasing, and the trend from the other supplier also increasing, as well as the trend of buyer's demand increasing. Market classification according to supplier in 2007 - 2009 classified close to monopoly, in 2010 - 2011 classified as strict oligopoly, while the market classification according to buyer in 2007 - 2011 classified as strict oligopsony. PT Pagilaran meet the black tea demand from buyers by bring in supplies from core plantation, plasm plantation, and other supplier.

Kata Kunci : supply, pembelian, permintaan, PT Pagilaran, teh hitam

  1. S1-2012-250877-abstract.pdf  
  2. S1-2012-250877-bibliography.pdf  
  3. S1-2012-250877-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2012-250877-title.pdf