Laporkan Masalah

Peran Efikasi Diri terhadap Orientasi Masa Depan Pendidikan pada Remaja

Cahyaningtyas Iftitah Ruzikna, Dian Mufitasari, S.Psi, M.Psi, Psikolog

2023 | Skripsi | PSIKOLOGI

Orientasi masa depan penting untuk dibangun sejak remaja. Idealnya, remaja sudah mulai memiliki gambaran terhadap masa depannya khususnya mengenai pendidikan. Pendidikan merupakan salah satu domain orientasi masa depan yang paling berhubungan dengan remaja. Orientasi masa depan dipengaruhi oleh faktor eksternal dan internal individu. Salah satu faktor internal ini adalah efikasi diri. Berdasarkan hasil penelitian yang telah ada, rata-rata orientasi masa depan remaja berada pada kategori sedang dan rendah. Penelitian bertujuan untuk mengetahui peran efikasi diri terhadap orientasi masa depan pendidikan pada remaja. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data melalui survei. Partisipan merupakan 376 siswa Sekolah Menengah Atas yang berusia 15-18 tahun. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Orientasi Masa Depan Pendidikan dan General Self-Efficacy Scale (GSES) yang telah diadaptasi ke Bahasa Indonesia. Hasil analisis regresi linier sederhana menunjukkan bahwa efikasi diri berperan positif terhadap orientasi masa depan pendidikan pada remaja (p<0>

Future orientation is important to be developed since adolescence. Ideally, adolescents have started to have an idea of their future, especially regarding education. Education is one of the domains of future orientation that is most related to adolescents. Future orientation is influenced by external and internal factors. One of these internal factors is self-efficacy. Based on existing research findings, the average future orientation of adolescents is categorized as moderate to low. The study aims to determine the role of self-efficacy in future orientation of education among adolescents. This study is quantitative research conducted using a survey data collection method. Participants were 376 high school students aged 15-18 years. The measurement tools used were the Skala Orientasi Masa Depan Pendidikan and the General Self-Efficacy Scale (GSES) which has been adapted to Indonesian. The results of simple linear regression analysis showed that self-efficacy plays a positive role in the future orientation of education among adolescents (p<0>

Kata Kunci : orientasi masa depan pendidikan, efikasi diri, remaja

  1. S1-2023-412937-abstract.pdf  
  2. S1-2023-412937-bibliography.pdf  
  3. S1-2023-412937-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2023-412937-title.pdf