Laporkan Masalah

Analisis Strategi Diversifikasi Unit Bisnis Strategik Perdagangan Udang dan Budidaya Udang pada PT XYZ

Agista Zulfa Dini, Rangga Almahendra, Dr., S.T., M.M.,

2023 | Tesis | S2 Manajemen

Strategi diversifikasi dilakukan oleh PT XYZ dengan masuk ke industri perdagangan udang pada 2020 dan budidaya udang pada 2022. Mengejar pertumbuhan pendapatan dan mencapai keunggulan kompetitif berkelanjutan merupakan tujuan dibentuknya diversifikasi ini. PT XYZ membutuhkan analisis lebih lanjut untuk bisa menentukan prioritas strategik unit bisnis mana yang akan dibawa ekspansi terlebih dulu sehingga dibutuhkan peran dari penulis untuk melakukan penelitian.

Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data secara kuantitatif, seperti penghitungan arus kas dan komponen finansial, dilakukan untuk mendukung penelitian. Digunakan pendekatan 3 Uji Esensial Porter dengan urutan Uji Daya Tarik, Uji Biaya Masuk, dan Uji Kelayakan. Instrumen yang diperlukan diantaranya Rerangka Lima Kekuatan Porter, Pendekatan NPV dan IRR, serta Rerangka Rantai Nilai.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa bisnis perdagangan udang lebih layak diprioritaskan dibanding bisnis budidaya udang. Kedua bisnis lolos uji, namun industri perdagangan udang lebih menguntungkan. Industri budidaya masih belum teruji menghasilkan pengembalian yang efisien, menghadapi ancaman dan juga membentuk sinergi jangka panjang. Perolehan skor daya tarik dan kesesuaian perdagangan udang yang lebih tinggi menghasilkan kekuatan kompetitif dan sinergi jangka panjang bagi perusahaan.

PT XYZ carried out diversification strategy by entering Shrimp Trade in 2020 and Shrimp Farm in 2022. Pursuing revenue growth and achieving a sustainable competitive advantage is the objective of this diversification. PT XYZ requires further analysis to be able to determine the strategic priorities of which business units to expand first so that the role of the author is needed to conduct research.

The research was conducted using a qualitative descriptive method. Quantitative data collection, such as cash flows and financial components, was conducted to support the research. Porter's 3 Essential Test approaches are used with the order of Attractiveness Test, Cost of Entry Test, and Better Off Test. The required instruments include Porter's Five Forces, the NPV and IRR, and Value Chain Analysis.

The results showed that Shrimp Trade deserves more priority than the Shrimp Farm. Both businesses pass the test, but Shrimp Trade is more profitable. Shrimp Farm is still unproven to be able to face threats, efficient on return and also form long-term synergies. Shrimp Trade obtained the better attractiveness and better off score results in competitive strength and long-term synergy for the company.

Kata Kunci : Strategi Diversifikasi, Tiga Uji Esensial Porter, Daya Tarik, Biaya Masuk, Rantai Nilai

  1. S2-2023-470871-abstract.pdf  
  2. S2-2023-470871-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-470871-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-470871-title.pdf