Rancang Bangun Media Imersif sebagai Pendukung Pembelajaran CDSS
Farhan Maulana Yasykur, Ir. Adhistya Erna Permanasari, S.T., M.T., Ph.D.; Dr. Bimo Sunarfri Hantono, S.T., M.Eng.
2023 | Skripsi | S1 TEKNIK BIOMEDIS
Proses pembelajaran Clinical
Decision Support System yang masih dilakukan secara tradisional dengan
penjelasan secara naratif oleh tenaga pengajar saat kelas berlangsung, tentu
akan membuat proses pemahaman para mahasiswa terkait cara kerja algoritma
pengambilan keputusan menjadi lebih lambat. Oleh karena itu diusulkan
pengembangan aplikasi pendukung pembelajaran bernama Learn CDSS untuk mengatasi
permasalahan tersebut.
Aplikasi Learn CDSS adalah sebuah
aplikasi pembelajaran berbasis android yang menggunakan teknologi marker-based
augmented reality yang akan memunculkan objek 3D dari algoritma-algoritma
pengambilan keputusan, sehinga membantu proses visualisasi cara kerja algoritma
kepada para mahasiswa. Pengembangan aplikasi Learn CDSS menggunakan metode
pengembangan Waterfall dan menggunakan tools pengembangan seperti
Vuforia sebagai SDK dari augmented reality, Unity sebagai game
engine dan Blender sebagai tempat mendesain objek 3D.
Aplikasi Learn CDSS memiliki
beberapa fungsionalitas seperti fitur augmented reality, panel
deskripsi objek 3D, penjelasan objek 3D dengan audio dan objek 3D yang
interaktif. Aplikasi Learn CDSS sendiri melalui dua buah pengujian, yaitu
pengujian black box testing sebagai uji fungsionalitas
sistem dan System Usability Scale (SUS) sebagai uji
kebergunaan. Pengujian black box testing dilakukan dengan
menggunakan 13 test case dengan hasil 100\?rhasil. Sedangkan
SUS dilakukan kepada 16 mahasiswa/i Teknik Biomedis dan menghasilkan skor akhir
rerata SUS sebesar 81,7 yang termasuk dalam kategori Good.
The learning process of Clinical Decision Support System, which is still done traditionally with narrative explanations by the lecturer during class session, will make the understanding process of 'how the decision-making algorithm works' become slower. Therefore, it is proposed to develop a learning support application called Learn CDSS to overcome these problems.
Learn CDSS is
an android based learning application using marker-based augmented reality
technology that will bring up 3D object of decision making algorithms, thus
will help visualization process of how the decision making algorithm works to
students. Development process of Learn CDSS application using waterfall
development method and some tools such as Vuforia as an augmented reality SDK,
Unity as game engine and Blender for designing 3D object.
There are some
functionality in Learn CDSS application such as augmented reality feature, 3D
object description panel, 3D object explanation using audio and interactive 3D
object. Learn CDSS application tested using 2 test method, that is black box
testing for functionality test and System Usability Scale (SUS) for usability
testing. The black box testing is done using 13 test cases with 100\%
successful result. Whereas SUS testing was conducted on 16 Biomedical
Engineering students and resulted a SUS final score of 81.7 which is
categorized as Good.
Kata Kunci : Aplikasi pendukung pembelajaran, Augmented Reality, Clinical Decision Support System, Marker-based augmented reality, Teknologi imersif