Pengaruh Kesempatan Belajar terhadap Job Hopping dengan Efikasi Diri sebagai Variabel Pemediasi pada Karyawan Milenial
Muhammad Syawaludddin Fatih, Dr. Dra. Diah Retno Wulandaru, MBA.,
2023 | Tesis | S2 MANAJEMEN (MM) JAKARTA
Milenial merupakan tenaga kerja mayoritas saat ini. Terdapat fenomena berpindah pekerjaan pada karyawan milenial untuk peluang perkembangan, peningkatan keterampilan serta kesempatan belajar. Kesempatan belajar dapat membuat seseorang untuk memilih melakukan job hopping untuk mencapai tujuan karirnya. Seorang karyawan yang yakin akan kemampuannya dalam menyelesaikan pekerjaannya mungkin mencari pekerjaan baru yang sesuai dengan ekspektasinya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh positif kesempatan belajar terhadap job hopping dengan efikasi diri sebagai variabel pemediasi pada karyawan milenial. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan metode survei untuk pengumpulan data. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara daring melalui media Google Form kepada karyawan milenial di Indonesia. Diperoleh sebanyak 226 responden yang berpartisipasi dalam survei ini. Pengujian terhadap instrumen menunjukkan bahwa instrumen pada penelitian memenuhi standar pengujian validitas maupun reliabilitas. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan model persamaan struktural atau Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesempatan belajar berpengaruh positif signifikan terhadap job hopping serta efikasi diri tidak memediasi pengaruh kesempatan belajar terhadap job hopping pada karyawan milenial.
Millennials are the majority of current workforce. There is a phenomenon
of job hopping for millennial employees for opportunities for development
opportunities, improvement skills and learning opportunities. Learning
opportunities can make someone choose to do job hopping to achieve their career
goals. An employee who is confident in his ability to get his job done may be
looking for a new job that meets his expectations. This study aims to examine
and analyze the positive effect of learning opportunities on job hopping with
self-efficacy as a mediating variable in millennial employees. This research is
quantitative research that uses survey methods for data collection. Research data
collection was carried out by distributing online questionnaires through Google
Form to millennial employees in Indonesia. There were 226 respondents who
participated in this survey. Testing of instruments is carried out to meet the
criteria validity and reliability. The collected data were analyzed using the Structural
Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) model. The results of this
study show that learning opportunities have a significant positive effect on
job hopping and self-efficacy does not mediate the effect of learning
opportunities on job hopping in millennial employees
Kata Kunci : Kesempatan Belajar, Job Hopping, Efikasi Diri, Milenial