Laporkan Masalah

Dampak Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran Tambahan Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dan Keterampilan Prosedur Anestesi Infiltrasi Di Kedokteran Gigi

Agung Setiabudi, Dr. Rachmadya Nur Hidayah, M.Sc., Ph.D ; Dr. Widyandana, MHPE., Ph.D., Sp. M(K)

2023 | Tesis | S2 Ilmu Pendidikan Kedokteran


Latar Belakang: Video pembelajaran dengan konsep audio visual bermanfaat dalam membantu meningkatkan hasil belajar. Anestesi infiltrasi bagi mahasiswa kedokteran gigi merupakan keterampilan penting. Oleh karena itu, dampak aplikasi video pada pengetahuan dan keterampilan perlu dipelajari lebih lanjut.

Metode: Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, khususnya Quasi-Experimental Design dengan pendekatan pre-test and post-test control group design, untuk menguji hasil eksperimen kelompok intervensi dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Hasil:Analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata nilai post-test pada kelompok perlakuan lebih tinggi daripada pada kelompok kontrol. Analisis statistik non-parametrik menegaskan perbedaan yang signifikan dalam nilai pre-test dan post-test antara kedua kelompok. Kelompok perlakuan menunjukkan peningkatan yang lebih besar dibandingkan kelompok kontrol. Evaluasi siswa menunjukkan tanggapan positif terhadap pembelajaran melalui video, dengan mayoritas setuju bahwa video meningkatkan pengalaman belajar, melengkapi demonstrasi, dan mengatasi keterbatasan visual. Kuesioner Pengalaman Pengguna yang dimodifikasi menilai persepsi siswa, dengan umpan balik yang baik tentang penggunaan video dan fleksibilitas media ini.

Kesimpulan:Penggunaan video sebagai media pembelajaran tambahan memiliki dampak meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam prosedur anestesi infiltrasi. Hal ini memungkinkan mereka berlatih secara lebih mandiri didukung oleh penggunaan yang fleksibel serta mengatasi keterbatasan visual.

Saran:Penelitian selanjutnya dapat mengolaborasikan metode video dengan metode pembelajaran lain, menambahkan fitur interaktif, dan menggunakan video dalam prosedur klinis sebagai bahan edukasi pasien untuk meningkatkan manfaatnya.



Background: Learning videos with audio-visual concepts are useful in helping to improve learning outcomes. Infiltration anesthesia for dental students is an important skill, therefore the impact of video application on knowledge and skills needs to be studied further.

Methods: This study used quantitative research methods, specifically the Quasi-Experimental Design with a pre-test and post-test control group design approach, to examine the experimental results of the intervention group compared to the control group.

Results: Descriptive analysis showed that the average post-test scores in the treatment group were higher than those in the control group. Non-parametric statistical analysis confirmed significant differences in pre-test and post-test scores between the two groups. The treatment group showed a greater increase than the control group. Student evaluations indicated a positive response to video learning, with the majority agreeing that videos enhance the learning experience, complement demonstrations, and overcome visual limitations. The modified User Experience Questionnaire assessed student perceptions, with good feedback on the use of video and the flexibility of this medium.

Conclusion: The use of video as an additional learning media has the effect of increasing knowledge and skills in infiltration anesthesia procedures, enabling more independent practice supported by flexible use and overcoming visual limitations.

Recommedations: Future research can collaborate the video method with other learning methods, add interactive features, use video in clinical procedures as patient education material.

 


Kata Kunci : Media pembelajaran video, keterampilan, pengetahuan, anestesi infiltrasi, kedokteran gigi

  1. S2-2023-485656-abstract.pdf  
  2. S2-2023-485656-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-485656-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-485656-title.pdf