Dampak Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran Tambahan Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dan Keterampilan Prosedur Anestesi Infiltrasi Di Kedokteran Gigi
Agung Setiabudi, Dr. Rachmadya Nur Hidayah, M.Sc., Ph.D ; Dr. Widyandana, MHPE., Ph.D., Sp. M(K)
2023 | Tesis | S2 Ilmu Pendidikan Kedokteran
Latar Belakang: Video pembelajaran dengan konsep audio visual bermanfaat dalam membantu meningkatkan hasil belajar. Anestesi infiltrasi bagi mahasiswa kedokteran gigi merupakan keterampilan penting. Oleh karena itu, dampak aplikasi video pada pengetahuan dan keterampilan perlu dipelajari lebih lanjut.
Metode:
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, khususnya Quasi-Experimental Design dengan
pendekatan pre-test and post-test control group design, untuk
menguji hasil eksperimen kelompok intervensi dibandingkan dengan kelompok
kontrol.
Hasil:Analisis
deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata nilai post-test pada kelompok
perlakuan lebih tinggi daripada pada kelompok kontrol. Analisis statistik
non-parametrik menegaskan perbedaan yang signifikan dalam nilai pre-test dan
post-test antara kedua kelompok. Kelompok perlakuan menunjukkan
peningkatan yang lebih besar dibandingkan kelompok kontrol. Evaluasi siswa
menunjukkan tanggapan positif terhadap pembelajaran melalui video, dengan
mayoritas setuju bahwa video meningkatkan pengalaman belajar, melengkapi
demonstrasi, dan mengatasi keterbatasan visual. Kuesioner Pengalaman Pengguna
yang dimodifikasi menilai persepsi siswa, dengan umpan balik yang baik tentang
penggunaan video dan fleksibilitas media ini.
Kesimpulan:Penggunaan
video sebagai media pembelajaran tambahan memiliki dampak meningkatkan
pengetahuan dan keterampilan dalam prosedur anestesi infiltrasi. Hal ini
memungkinkan mereka berlatih secara
lebih mandiri didukung oleh penggunaan yang fleksibel serta mengatasi
keterbatasan visual.
Saran:Penelitian
selanjutnya dapat mengolaborasikan metode video dengan metode pembelajaran
lain, menambahkan fitur interaktif, dan menggunakan video dalam prosedur klinis
sebagai bahan edukasi pasien untuk meningkatkan manfaatnya.
Background: Learning videos with audio-visual concepts are useful in helping to improve learning outcomes. Infiltration anesthesia for dental students is an important skill, therefore the impact of video application on knowledge and skills needs to be studied further.
Methods:
This study used quantitative research methods, specifically the
Quasi-Experimental Design with a pre-test and post-test control group design
approach, to examine the experimental results of the intervention group
compared to the control group.
Results: Descriptive
analysis showed that the average post-test scores in the treatment group were
higher than those in the control group. Non-parametric statistical analysis
confirmed significant differences in pre-test and post-test scores between the
two groups. The treatment group showed a greater increase than the control
group. Student evaluations indicated a positive response to video learning,
with the majority agreeing that videos enhance the learning experience,
complement demonstrations, and overcome visual limitations. The modified User
Experience Questionnaire assessed student perceptions, with good feedback on
the use of video and the flexibility of this medium.
Conclusion: The use of
video as an additional learning media has the effect of increasing knowledge
and skills in infiltration anesthesia procedures, enabling more independent
practice supported by flexible use and overcoming visual limitations.
Recommedations: Future
research can collaborate the video method with other learning methods, add
interactive features, use video in clinical procedures as patient education
material.
Kata Kunci : Media pembelajaran video, keterampilan, pengetahuan, anestesi infiltrasi, kedokteran gigi