ANALISIS KINERJA SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT (SIMRS) XYZ EHOSPITAL DI RUMAH SAKIT ABC
Wahyuni, Suadi, S.Pi., M.Agr.Sc., Ph.D
2023 | Tesis | S2 MANAJEMEN (MM) JAKARTA
Rumah Sakit ABC
berdiri tahun 2011 di Tangerang Selatan merupakan cabang keenam dari Grup Rumah
Sakit EFGH. Rumah Sakit ABC memiliki jumlah kapasitas 177 tempat tidur dengan
klasifikasi sebagai RS tipe C dan telah terakreditasi dengan status Paripurna
dan berlaku sampai dengan 13 Desember 2026. Permenkes RI No. 21 Tahun 2020 dan
No. 24 Tahun 2022 terkait rekam medis elektronik dan interoperabilitas SIK
telah mendorong Rumah Sakit grup EFGH untuk berinovasi dengan mengganti
aplikasi Smart Plus dengan aplikasi XYZ eHospital dan menunjuk
pemasok PT IJK. Rumah Sakit ABC terpilih sebagai rumah sakit pertama
dari Grup Rumah Sakit EFGH untuk implementasi aplikasi XYZ eHospital.
Penelitian ini
dilakukan untuk mengetahui kepuasan pengguna di Rumah Sakit ABC berdasarkan
tingkat kinerja aplikasi XYZ eHospital dengan mengacu kepada
karakteristik dan sub-karakteristik ISO 25010:2011 serta mengetahui
atribut yang menjadi prioritas perbaikan untuk pengembangan aplikasi.
Penelitian ini menggunakan 39 (tiga puluh sembilan) pernyataan yang berasal
dari karakteristik dan sub-karakteristik dari ISO 25010: 2011 menyesuaikan
dengan kondisi di Rumah Sakit ABC. Jumlah responden 64 orang karyawan dan diminta
untuk memberikan penilaian dengan skala Likert.
Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pengguna terhadap Aplikasi XYZ
eHospital di Rumah Sakit ABC adalah sebesar 58,52% dimana pengguna merasa
sangat kurang puas terhadap kinerja aplikasi. Penilaian responden dianalisis
dengan Metode Importance Performance Analysis (IPA) yaitu perbandingan
tingkat kinerja (performance) dan tingkat kepentingan (importance)
pengguna. Nilai rata-rata kinerja dan kepentingan digambarkan ke dalam diagram Importance
Performance Matrix (IPM) dan diperoleh 4 (empat) atribut yang menjadi prioritas
untuk perbaikan pengembangan aplikasi XYZ eHospital yaitu Functional
Correctness, Trust, Efficiency, dan Modifiability. Usulan
perbaikan kepada Manajemen Rumah Sakit ABC diarahkan untuk mendorong pemasok
memenuhi kewajiban perbaikan pengembangan aplikasi sesuai proses bisnis saat
ini bekerja sama dengan tim IT/EDP yang dimiliki oleh rumah sakit, serta
perbaikan fitur aplikasi dilakukan secara bertahap dimulai dari pelayanan
dengan tingkat kesibukan terendah.
ABC Hospital
is the sixth branch of the EFGH Hospital Group and was established by year of
2011 in South Tangerang. ABC Hospital has capacity 177 beds in total,
classified as C type hospital, and having Plenary status accreditation valid
until December 13, 2026. Group of EFGH hospitals encouraged innovation by
replacing The Smart Plus application with The XYZ eHospital application by
appointing supplier of PT IJK refer to The Regulation of Health Minister of
Republik Indonesia No. 21 of 2020 and No. 22 of 2022 related to electronic medical
records and Health Information System interoperability. ABC Hospital was
selected as the first hospital for the XYZ eHospital implementation from The
EFGH Hospital Group.
This research
was conducted to determine user satisfaction at ABC Hospital based on the level
of performance of The XYZ eHospital application refer to the characteristics
and sub-characteristics of ISO 25010:2011 and to determine which attributes are
being priority for application development improvements. This study uses 39
(thirty nine) statements derived from the characteristics and
sub-characteristics of ISO 25010: 2011 according to the conditions at ABC
Hospital. The number of respondents is 64 employees and requested to provide an
assessment with a Likert scale.
The results of this study indicate that
the level of user satisfaction with The XYZ eHospital application at ABC
Hospital is 58.52% means that users feel very dissatisfied with the application
performance. Respondents’s assessment was analyzed using Importance Performance
Analysis (IPA) method, by comparing the user’s level of performance and importance.
By getting average value of performance and importance then both are depicted in
the Importance Performance Matrix (IPM) diagram then we obtained 4 (four)
attributes are priorities to be developed for improvements of the application.
Those attributes are Functional Correctness, Trust, Efficiency, and
Modifiability. The proposed improvements to The ABC Hospital Management are
directed to encourage supplier to fulfill their obligations to well improved
the application development according to current business processes in collaboration
with the IT/EDP team owned by the hospital, as well as improving application features
in stages starting from the lowest level of activity services.
Kata Kunci : SIMRS, XYZ eHospital, ISO 25010:2011, Importance Performance Analysis, Customer Services Analysis