Laporkan Masalah

KOMUNIKOLOGI RICHARD LEO LANIGAN DALAM KAJIAN FILSAFAT KOMUNIKASI

Janaka Isnan Daru, Dr. Hastati Widy Nugroho, M.Hum., S.S. ; Prof. Dr. Lasiyo, M. A., M.M

2023 | Skripsi | ILMU FILSAFAT

Penelitian ini membahas tentang kajian filsafat komunikasi terhadap ilmu komunikasi yang masih memerlukan interpretasi terhadap beberapa pakar komunikasi, seperti Richard Leo Lanigan. Penelitian bertujuan untuk memberikan kajian secara lebih sistematis dan mendalam tentang pandangan Richard Leo Lanigan terhadap komunikasi; menjabarkan pandangan tentang komunikologi; serta merumuskan makna dalam konsep komunikologi Richard Leo Lanigan melalui analisis filsafat komunikasi. 

Penelitian ini dilakukan dengan model deskripsi kualitatif, dan merupakan penelitian filsafat yang bersifat historis-faktual, sehingga menggunakan studi kepustakaan sebagai sumber data. Sumber data melalui buku, jurnal, arikel, skripsi, dan tesis. Penelitian ini merupakan penelitian dalam bidang ilmu filsafat yang mengkaji pemikiran tokoh atas fakta yang terjadi, sehingga dalam analisinya menggunakan unsur metodis deskripsi, interpretasi, heuristika, serta refleksi kritis 

Hasil dari penelitian ini terbagi menjadi tiga pokok bahasan. Pertama, komunikasi dalam pandangan Richard Leo Lanigan dimengerti sebagai interaksi antar simbol yang dalam praktiknya memuat tentang pemahaman terhadap mindself, dan society. Kedua, konsep komunikologi dalam pandangan Lanigan merupakan bagian dari tradisi dalam bidang keilmuan tentang manusia, dan dapat dimengerti melalui dua pandangan, yaitu komunikologi sebagai paradigma dan komunikologi sebagai metode. Ketiga, terdapat lima isu khusus dalam komunikologi Lanigan yang menjadi kajian filsafat komunikasi. Isu-isu tersebut diantaranya; Information Theories, sebagai pandangan terhadap proses komunikasi; Capta vs Data sebagai pandangan tentang metode dalam kajian komunikasi; Verbal and Nonverbal Codes, kajian terhadap esensi dalam pesan; Art vs Television, pandangan tentang media dalam komunikasi manusia; Netizen Communicology, sebagai pandangan terhadap hubungan komunikator- komunikan pada komunikasi maya. 

This research discusses the study of communication philosophy in the field of communication, which requires the interpretation of various communication experts, such as Richard Leo Lanigan. The research aims to provide a more systematic and in-depth study of Richard Leo Lanigan's views on communication, elaborate on the concept of communicology, and formulate the meaning of Richard Leo Lanigan's communicology concept through the analysis of communication philosophy. 

This research uses a qualitative descriptive model and is a historical- factual philosophical research, utilizing literature study as the data source. The data sources include books, journals, articles, theses, and dissertations. The research focuses on studying the thoughts of a prominent figure in philosophy concerning existing facts, thus employing methodological elements of description, interpretation, heuristics, and critical reflection. 

The results of this research are divided into three main topics. Firstly, communication in Richard Leo Lanigan's perspective is understood as an interaction between symbols that involves understanding the mind, self, and society in its practice. Secondly, according to Lanigan, the concept of communicology is a part of the tradition in human knowledge and can be understood through two perspectives: communicology as a paradigm and communicology as a method. Thirdly, there are five specific issues within Lanigan's communicology that are studied in communication philosophy. These issues include Information Theories as a perspective on the communication process, Capta vs. Data as a view on methods in communication studies, Verbal and Nonverbal Codes as an examination of the essence of messages, Art vs. Television as a perspective on media in human communication, and Netizen Communicology as a view on the relationship between communicators and recipients in online communication. 

 

Kata Kunci : KOMUNIKOLOGI, FILSAFAT KOMUNIKASI, KOMUNIKASI MANUSIA

  1. S1-2023-438792-abstract.pdf  
  2. S1-2023-438792-bibliography.pdf  
  3. S1-2023-438792-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2023-438792-title.pdf