The Implementation of The Digital Media to Promote Internal Corporate Communication (A Case Study of ICC Implementation in Level Up)
REINHA DELIMA PUTRIANA FERNANDEZ AKOLI, Ahmad Mu'am, S.S., M.Sc.
2023 | Tugas Akhir | D4 BAHASA INGGRIS
Laporan Proyek Akhir ini bertujuan membahas penggunaan media digital sebagai sarana komunikasi internal korporat yang dilakukan oleh Level Up pada kegiatan sehari-hari dalam menjalankan projek kerja. Penelitian ini menggunakan beberapa metode pengumpulan data untuk mendapatkan data primer dan sekunder. Metode pertama dilakukan melalui observasi, studi lapangan, dan wawancara mendalam dengan staff divisi Marketing yang bertindak sebagai bagian dari tim proyek. Metode kedua menganalisis kajian literatur melalui e-book, jurnal, media massa, dan media sosial mengenai komunikasi internal dan social media campaign sebagai output kerja. Level Up adalah perusahaan rintisan yang menerapkan skema Work from Anywhere (WFA), dimana produk utama yang dihasilkan adalah kelas pelatihan melalui webinar. Karena penerapan skema kerja jarak jauh, Level Up menggunakan media digital dalam upaya komunikasi internal dalam perusahaan. Implementasi komunikasi internal dianalisis dengan menggunakan teori komunikasi internal dalam empat dimensi yang selanjutnya mengerucut pada pembahasan komunikasi internal korporat (ICC). Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses komunikasi internal pada Level up mengandung komunikasi internal dalam empat dimensi, dimana Internal Corporate Communication yang dibuktikan dengan penggunaan platform kolaboratif dalam kegiatan kerja sehari-hari, Internal Line Management yang menerapkan fleksibilitas upward communication, Internal Team Peer Communication yang dibuktikan dengan komunikasi dua arah antar karyawan, dan Internal Project Communication yang tertuang dalam kegiatan rapat diskusi internal. Level Up menggunakan acuan manajemen komunikasi dan implementasinya mengelola komunikasi internal secara efisien. Acuan manajemen komunikasi tersebut terdiri dari tahap Analisis, Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi. Temuan menunjukkan bahwa Level Up telah menerapkan ICC yang memanfaatkan digital media di semua kegiatan karyawan yang bersinggungan dengan pengerjaan dan penyelesaian pekerjaan.
This Final Project Report aims to discuss the use of digital media as a means of internal corporate communication carried out by Level Up in daily activities in carrying out work projects. This study uses several data collection methods to obtain primary and secondary data. The first method is carried out through observation, field studies, and in-depth interviews with Marketing division staff who act as part of the project team. The second method analyzes literature review through e-books, journals, mass media, and social media regarding internal communication and social media campaigns as work output. Level Up is a startup that implements the Work from Anywhere (WFA) scheme, where the main product produced is training classes through webinars. Due to the implementation of remote work schemes, Level Up uses digital media in internal communication efforts within the company. The implementation of internal communication is analyzed using internal communication theory in four dimensions which then boils down to the discussion of Internal Corporate Communication (ICC). The results of the study show that the internal communication process at Level up contains internal communication in the fourth dimension, where Internal Corporate Communication is proven by the use of collaborative platforms in daily work activities, Internal Line Management is implementing strengthening communication upwards, Internal Team Peer Communication is proven with two-way communication between employees and the Internal Project Communication in internal discussion meeting activities. Level Up uses a communication management reference and its implementation manages internal communications efficiently. The communication management reference consists of the Analysis, Planning, Implementation and Evaluation stages. The findings show that Level Up has implemented ICC which utilizes digital media in all employee activities that are related to the execution and completion of work.
Kata Kunci : Internal Communication, Internal Corporate Communication, Communication Management