Laporkan Masalah

Pengaruh Pendidikan Etika terhadap Niat Masa Depan Mahasiswa untuk Terlibat dalam Sustainability Accounting

Emilly Tesalonika Warouw, Ahmad Zaki, S.E., M.Acc.

2023 | Skripsi | AKUNTANSI

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan etika terhadap niat masa depan mahasiswa untuk terlibat dalam sustainability accounting. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Akuntansi di salah satu universitas terkemuka di Indonesia. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda untuk menguji hipotesis penelitian. Pengembangan hipotesis pada penelitian ini menggunakan Theory of Planned Behavior. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan etika secara langsung tidak mempengaruhi niat mahasiswa untuk terlibat dalam sustainability accounting. Sedangkan, saat menggunakan variabel mediasi sikap dan norma subjektif keduanya berpengaruh secara positif. 

This research aims to determine the effect of ethics education on students' future intentions to engage in sustainability accounting. This research is quantitative research with primary data obtained by distributing questionnaires. The sample used in this study was Bachelor of Accounting students at one of the leading universities in Indonesia. This study uses multiple linear regression analysis to test the research hypothesis. The development of the hypothesis in this study uses the Theory of Planned Behavior. The results of the study show that ethics education does not directly affect students' intentions to engage in sustainability accounting. Meanwhile, when using mediating variables in the form of attitudes and subjective norms, both have a positive effect.

Kata Kunci : pendidikan etika, sustainability accounting, theory of planned behavior, mahasiswa akuntansi

  1. S1-2023-438682-abstract.pdf  
  2. S1-2023-438682-bibliography.pdf  
  3. S1-2023-438682-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2023-438682-title.pdf