Laporkan Masalah

Evaluasi Pengetahuan dan Efikasi Diri Kader Dalam Pendampingan Keluarga Pasca Program Care For Child Development (CCD) di Kalibawang Kulon Progo Saat Pandemi Covid-19

Amara Tri Kurniasih, Dr. Fitri Haryanti, S.Kp., M.Kes.;Widyawati,S.Kp.,M.Kes.,Ph.D

2023 | Skripsi | ILMU KEPERAWATAN

Latar Belakang : Pelatihan Care For Child Development (CCD) oleh Akhmadi kepada kader kesehatan di wilayah kerja Puskesmas Kalibawang Kulon Progo berpengaruh positif terhadap pengetahuan dan efikasi diri kader. Pada masa pandemi Corona Viruse Disease (COVID-19) terjadi perburukan atau penurunan pengetahuan, dan  efikasi diri kader.

Tujuan Penelitian : Mengetahui gambaran pengetahuan dan efikasi diri kader serta mengetahui perbandingan pengetahuan dan efikasi diri kader dalam pendampingan keluarga empat tahun pasca pelatihan program CCD. 

Metode : Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dengan rancangan penelitian cross sectional. Responden pada penelitian adalah kader yang mengikuti pelatihan program CCD dengan jumlah 56 orang. Penelitian ini menggunakan kuesioner Caregiver Knowledge Child Development Inventory (CKCDI) dan General Self-Efficaccy Scale (GSES) yang diadopsi dari penelitian penelitian sebeleumnya oleh Akhmadi. Analisis penelitian menggunakan statistik deskriptif untuk mengetahui gambaran dan menggunakan analisis paired t test untuk mengetahui perubahan pengetahuan dan efikasi diri saat ini dengan empat tahun lalu. Analisa data pada penelitian ini dipaparkan dalam frekuensi, persentase, dan mean

Hasil : Didapatkan mean dari pengetahuan kader yaitu (11,9) dengan rincian pengetahuan kurang (57,1%) dan pengetahuan baik (42,9%). Hasil mean dari efikasi diri kader yaitu (29,4) dengan rincian efikasi diri baik (58,93%) dan efikasi diri kurang (41,07%)

Kesimpulan : hasil penelitian menunjukkan terdapat penurunan yang signifikan pada efikasi diri kader setelah empat tahun pemberian pelatihan CCD, dengan nilai sig (0,106). Pada aspek pengetahuan juga terjadi penurunan namun tidak signifikan dengan nilai sig (0,002).

Backgorund : Akhmadi’s Care For Child Development (CCD) training for health cadres in the working area of the Kalibawang Kulon Progo Health Center has a positive effect on the cadres knowledge and self-efficacy. During the Corona Viruses Diseases (COVID-19) pandemic, knowledge and self-effiacy of cadres worsened or decreased. 

Aim : Knowing the description of the knowledge and self-efficacy of cadres and knowing the comparison of knowledge and self-efficacy of four year cadres after the CCD program training.

Method : The research method used is descriptive with a cross-sectional research design. Respondent in the study were cadres who attended CCD training with a total of 56 people. This study used the Caregiver Knowledge Child Development Inventory (CKCDI) and General Self-Efficaccy Scale (GSES) questionnaires which was adopted from previous research studies by Akhmadi. The research analysis used descriptive statistics to get an review and used paired t test analysis to find out changes in current knowledge and self-efficacy compared to four years ago. Data analysis in this study in presented in terms of frequency, percentage, and mean

Result : Obtained the mean knowledge of cadres knowledge is  (11,9) with details of poor knowledge  (57,1%) and good knowledge (42,9%). The mean result of cadres self-efficacy is (29,4) with details of good self-efficacy (58,93%) and poor self-efficacy (41,07%).

Conclusion : The results of the study showed that there was a significant dcrease in the self-effiacy of cadres after four years of CCD training, with a sig value (0,106). In the aspect knowledge there is also a decrease but not significant with a sig value (0,002).

Kata Kunci : Kader, pengetahuan, efikasi diri, program CCD/Cadres, knowledge, self-effiacy, CCD programs

  1. S1-2023-445256-abstract.pdf  
  2. S1-2023-445256-bibliography.pdf  
  3. S1-2023-445256-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2023-445256-title.pdf