Laporkan Masalah

Hubungan antara Sikap Terhadap Pembelajaran Praktik Klinik dengan Tingkat Well-Being pada Mahasiswa Profesi Ners

Vania Dewintaputri, Suis Galischa Wati, S.Kep., Ns., M.Kep.; Martina Sinta Kristanti, S.Kep., Ns., M.N., Ph.D.; Sri Warsini, S.Kep., Ns., M.Kes., Ph.D.

2023 | Skripsi | ILMU KEPERAWATAN

Latar Belakang: Pendidikan keperawatan dilaksanakan melalui pendidikan akademik dan pendidikan profesi yang meliputi pembelajaran praktik klinik. Berbagai studi yang telah dilakukan mengemukakan bahwa sebagian besar mahasiswa profesi keperawatan mengalami stres selama pembelajaran klinik. Stres dapat berdampak pada kondisi well-being mahasiswa, namun hal tersebut juga dipengaruhi oleh cara mahasiswa menyikapi pembelajaran praktik yang sedang dijalankan.

Tujuan Penelitian: Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara sikap terhadap pembelajaran praktik klinik dengan tingkat well-being mahasiswa profesi ners PSIK FK-KMK UGM.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan cross-sectional. Penelitian ini dilaksanakan di PSIK FK-KMK UGM pada bulan April-Mei 2023 dengan jumlah subyek penelitian sebanyak 81 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Attitude of Nursing Students toward Clinical Duties dari Sultan et al. (2022) dan The College Student Subjective Well-being Questionnaire Revised Version (CSSWQ-R) oleh Renshaw dan Bolognino (2016). Analisis univariat digunakan untuk mengetahui gambaran setiap variabel. Analisis untuk mengetahui hubungan antara sikap dan tingkat well-being mahasiswa dilakukan menggunakan uji Pearson Product Moment.

Hasil: Mahasiswa memiliki sikap yang positif dengan rata-rata sebesar 72,8 (SD±8,136) dan tingkat well-being yang tinggi dengan rata-rata sebesar 74,4 (SD ±9,187). Skor signifikansi antara sikap terhadap pembelajaran praktik klinik dengan tingkat well-being mahasiswa profesi ners PSIK FK-KMK UGM bernilai p=0,000 dengan koefisien korelasi r=0,616.

Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara sikap dengan tingkat well-being pada responden, dengan arah hubungan positif dan korelasi yang kuat, yang berarti semakin tinggi skor sikap maka semakin tinggi skor well-being yang dimiliki oleh mahasiswa.

Kata kunci: Mahasiswa profesi ners, sikap, well-being

Background: Nursing education is carried out through academic and professional education which include clinical rotation. Various studies found that most of clinical rotation students experience stress during the learning process. Stress can influence nursing students’ well-being, yet it is also affected by their attitude towards the clinical learning process.

Objective: This study aims to determine the relationship between attitude towards clinical practice and the well-being level of nursing clinical rotation students.

Method: This was a quantitative research with a cross-sectional design that was held on April-May 2023 at Study Program of Nursing, Gadjah Mada University. The participants were 81 nursing clinical rotation students. Data were collected with Attitude towards Clinical Duties Questionnaire by Sultan et al. (2022) and The College Student Subjective Well-being Questionnaire Revised Version (CSSWQ-R) by Renshaw and Bolognino (2016). Univariate analysis was used to determine the description of each variable. To determine the relationship between attitude and the well-being of nursing students, the analysis was conducted using Pearson Product Moment.

Result: The participants have a positive attitude and the average score was 72,8 (SD±8,136). They have a high level of well-being with the average score 74,4 (SD±9,187). The significancy score between attitude and the well-being of nursing clinical rotation students is 0,000 with correlation coefficient r=0,616.

Conclusion: There is a significant relationship between the participants’ attitude and their well-being with a positive relationship and a strong correlation which means the higher the students’ attitude score, the higher the well-being score.

Keywords: Attitude, Nursing clinical rotation students, Well-being

Kata Kunci : Mahasiswa profesi ners, Sikap, Well-being

  1. S1-2023-438943-abstract.pdf  
  2. S1-2023-438943-bibliography.pdf  
  3. S1-2023-438943-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2023-438943-title.pdf