Laporkan Masalah

PEMEROLEHAN BAHASA JAWA ANAK USIA 5 TAHUN MELALUI CARA BERCERITANYA: KAJIAN PSIKOLINGUISTIK

Aaliyah Aliftia Nur Anwar, Dr. Daru Winarti, M.Hum.

2023 | Skripsi | SASTRA NUSANTARA

Berbahasa, merupakan kegiatan psikologis manusia melalui cara
komunikasi secara produktif maupun reseptif. Komunikasi mempunyai keterkaitan
dengan bahasa. Sebab, berbahasa merupakan faktor yang membedakan cara
berkomunikasi manusia dengan makhluk hidup lain. Bahasa, menjadi sarana
komunikasi memiliki peran penting dalam kehidupan manusia sehari-hari. Tanpa
komunikasi, kita akan kesulitan dalam menyampaikan maksud. Tanpa bahasa, kita
akan mengalami kesusahan dalam berkomunikasi dengan orang lain.
Pemerolehan bahasa diambil dari bahasa ibu, bahasa pertama yang menjadi
bahasa sehari-hari manusia. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis
pemerolehan bahasa Jawa sebagai bahasa ibu anak usia lima tahun dengan
menggunakan analisa psikolinguistik. Hasil penelitian menguraikan bahwa
pemerolehan bahasa Jawa anak usia lima tahun sudah beraneka ragam.
Menggunakan ragam dialek Jawa Timur dengan campuran bahasa Indonesia,
keberagaman pemerolehan bahasa anak dibuktikan melalui fonem yang dikuasai
oleh anak, campur kode yang dibentuk oleh anak, kalimat yang mampu dituturkan
oleh anak, serta bagaimana anak memahami makna kalimat dalam berbahasa. 

Language is a human psychological activity through productive and
receptive communication. Communication is related to language. Because,
language is a factor that distinguishes the way humans communicate with other
living things. Language, being a means of communication has an important role in
everyday human life. Without communication, we will find it difficult to get our
point across. Without language, we will have difficulty in communicating with
others.
Language acquisition is taken from the mother tongue, the first language
that became the daily language of humans. This study aims to analyze the
acquisition of Javanese as the mother tongue of five-year-old children using
psycholinguistic analysis. The results of the study outlined that the acquisition of
Javanese language for five-year-old children has varied. Using a variety of East
Javanese dialects with a mixture of Indonesian, the diversity of children's language
acquisition is proven through phonemes mastered by children, mixed codes formed
by children, sentences that can be spoken by children, and how children understand
the meaning of sentences in language.

Kata Kunci : Pemerolehan Bahasa, Psikolinguistik, Anak

  1. S1-2023-439542-abstract.pdf  
  2. S1-2023-439542-bibliography.pdf  
  3. S1-2023-439542-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2023-439542-title.pdf