Pengaruh Ulasan Pelanggan Online Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Pada E-commerce Shopee Dengan Kepercayaan Sebagai Mediator
Tiara Windi Yana, Rahmat Hidayat, S.Psi. M.Sc., Ph.D.
2023 | Skripsi | PSIKOLOGI
Belanja online
membuat pelanggan tidak bisa mengetahui kualitas produk karena keterbatasan
validitas informasi yang disediakan oleh penjual, sehingga ulasan pelanggan online dapat dijadikan pertimbangan
untuk membeli. Ulasan pelanggan sebelumnya diketahui dapat mempengaruhi
kepercayaan yang kemudian berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui peran pengaruh ulasan pelanggan online terhadap keputusan pembelian pada
produk fashion di e-commerce Shopee serta untuk mengetahui
bagaimana peran kepercayaan sebagai variabel mediator terhadap hubungan dari kedua
variabel. Partisipan berjumlah 490 individu dengan kelompok usia dewasa awal
berusia 18-25 tahun yang pernah berbelanja produk fashion melalui Shopee. Penelitian dilakukan dengan metode
kuantitatif dengan alat ukur yang digunakan berupa skala Online Reviews, Online
Susceptibility Scale (OSS), dan Brand
Trust Scale. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah mediasi
sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan merupakan variabel
mediator parsial dalam menjelaskan peran ulasan pelanggan online dengan keputusan pembelian. Penelitian ini dapat membantu
perusahaan sebagai bahan evaluasi untuk perbaikan produk yang berdampak
menjangkau konsumen dan dapat memicu persaingan yang lebih intens di industri fashion online.
Online shopping makes it impossible
for customers to know product quality due to the limited validity of the
information provided by the seller, so that online customer reviews can be
taken into consideration for buying. Previous customer reviews are known to
influence trust which then influences purchasing decisions. This study aims to
determine the influence of online customer reviews on purchasing decisions on
fashion products at Shopee e-commerce and to determine the role of trust as a
mediator variable on the relationship between the two variables. There were 490
participants in the early adult age group aged 18-25 who had shopped for
fashion products through Shopee. The research was conducted using a
quantitative method with measuring tools used in the form of Online Reviews
scale, Online Susceptibility Scale (OSS), and Brand Trust Scale. The analysis
used in this research is simple mediation. The results of the study show that
trust is a partial mediator variable in explaining the role of online customer
reviews in purchasing decisions. This research can help companies as evaluation
materials for product improvements that have an impact on reaching consumers
and can trigger more intense competition in the online fashion industry.
Kata Kunci : ulasan pelanggan online, kepercayaan, keputusan pembelian, e-commerce, fashion