Laporkan Masalah

CREATING VISUAL IDENTITY ON INSTAGRAM TO BUILD BRAND IMAGE OF GOVERNMENT INSTITUTION: A CASE STUDY OF KANWIL BPN DIY

Rayhan Ajie Wicaksono, Tri Nuraniwati, S.S., M.A.

2023 | Tugas Akhir | D4 BAHASA INGGRIS

Pentingnya peran visual di Instagram dapat secara langsung mengkomunikasikan brand values dan brand personality, membedakan diri dari pesaing, membangun brand awareness dan brand recognition yang kuat, mengkomunikasikan brand market position secara efektif, dan menciptakan citra merek yang berbeda di benak penonton. Manfaat visual Instagram dimanfaatkan oleh beberapa instansi pemerintah, salah satunya adalah BPN DIY. BPN DIY menggunakan media sosial khususnya Instagram untuk berbagi informasi tentang pelayanan pertanahan dan segala hal yang berkaitan dengan kegiatan BPN DIY. Agar dipercaya khalayak dalam menyampaikan informasi, BPN DIY perlu menciptakan citra yang profesional dan terpercaya. Untuk membangun image tersebut, BPN DIY membuat identitas visual yang diterapkan di Instagram. Unsur-unsur identitas visual meliputi logo, typography, color palate, dan imagery. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses penciptaan identitas visual yang diterapkan pada media sosial khususnya Instagram dan mengevaluasi penerapan identitas visual dalam membangun citra merek di Instagram BPN DIY. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan semiotika. Kesimpulannya adalah dengan menciptakan identitas visual yang selaras dengan kepribadian BPN DIY, menggunakannya secara konsisten, dan menerapkan teori desain grafis, Instagram BPN DIY terlihat lebih rapi, menarik, dan bersih dari sebelumnya. Selain itu, audiens lebih mudah dalam mengenali konten dan lebih mempercayai akun Instagram BPN DIY sehingga membentuk citra yang profesional dan terpercaya.

The significance of visuals on Instagram enables instant communication of brand values and personality, differentiation from competitors, establishment of strong brand awareness and recognition, effective communication of the brand's market position, and the creation of a distinct brand image in the minds of the audience. Considering its visual benefits, Instagram is utilized by government institutions, one of which is BPN DIY. BPN DIY uses social media especially Instagram to share information about land services and anything related to BPN DIY’s activities. In order to be trusted by the audience in delivering the information, BPN DIY needs to create a professional and trustworthy image.  To build the image, BPN DIY created a visual identity applied on Instagram. The elements of the visual identity cover logo, typography and fonts, color palate, and imagery. This research aims to analyze the process of visual identity creation implemented on social media especially Instagram and to evaluate the application of the visual identity in building a brand image on Instagram of BPN DIY. The research method used in this study is qualitative method with a semiotic approach. The conclusion is by creating a visual identity that aligns with BPN DIY’s personality, using it consistently, and applying graphic design theory, BPN DIY’s Instagram looks more tidy, eye-catching, and clean than before. In addition, the audience is more easily in recognizing the content and more trusting of the BPN DIY Instagram account. Thus, it is forming a professional and trustworthy image.

Kata Kunci : BPN DIY, Brand Image, Instagram, Social Media, Visual Identity

  1. D4-2023-483423-abstract.pdf  
  2. D4-2023-483423-bibliography.pdf  
  3. D4-2023-483423-tableofcontent.pdf  
  4. D4-2023-483423-title.pdf