Preferensi Penyuluh Pertanian terhadap Penggunaan Media Penyuluhan dalam Komunikasi Kelompok di Kabupaten Sleman
Angela Nugraheni Putri Harsanto, Diah Fitria Widhiningsih,S.P.,M.Sc.;Dyah Woro Untari,S.P.,M.P.,Ph.D.
2023 | Skripsi | PENYULUHAN & KOMUNIKASI PERTANIANSeiring berjalannya waktu peran penyuluh dituntut untuk mengikuti perubahan keadaan yang ada. Bentuk perubahan yang dilakukan adalah dengan memilih media penyuluhan yang sesuai dengan kondisi lapangan dan sesuai dengan preferensi penyuluh agar kegiatan penyuluhan dapat terevaluasi dan tersampaikan sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui media penyuluhan yang paling dominan digunakan, menganalisis preferensi penyuluh, dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi penyuluh pertanian dalam menggunakan media penyuluhan dalam komunikasi kelompok di Kabupaten Sleman. Preferensi pada penelitian ini melihat kecenderungan atau pilihan penyuluh terhadap media penyuluhan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif survei dan metode penentuan sampel dengan metode simple random sampling yang melibatkan sampel penyuluh pertanian di Kabupaten Sleman sebanyak 40 penyuluh yang tersebar di seluruh UPTD BP4 Wilayah I -VIII. Uji analisis dalam menjawab tujuan penelitian ini menggunakan uji deskriptif kuantitatif, diikuti dengan uji Cochran, dan uji regresi linear berganda. Didapatkan hasil bahwa media penyuluhan yang paling dominan adalah Power Point (PPT). Hasil preferensi didapatkan bahwa terdapat kecenderungan dari penyuluh pertanian terhadap media penyuluhan yang sering digunakan. Pada penelitian ini preferensi dipengaruhi oleh keahlian penyuluh dan peran rekan kerja.
As time goes by, the role of the extension agent is required to keep up with the changes in the existing conditions. The form of change is by choosing extension media that are consistent with field conditions and in accordance with extension agents’ preferences, so that extension activities can be evaluated and delivered as expected. This study aims to determine the most dominant extension media used, analyze the preferences of extension agents, and determine the factors that influence the preferences of agricultural extension agents in the use of extension media in group communication in Sleman Regency. Preferences in this study based on the tendency or choice of extension agents towards extension media. This study used a sample of 40 agricultural extension agents in Sleman Regency spread over UPTD BP4 Region I -VIII using a descriptive survey method and simple random sampling method. The analytical test to answer the objectives of this study used quantitative descriptive test, followed by Cochran test and multiple linear regression test. It was found that the most dominant extension media was Power Point (PPT). The results of preferences found that there is a tendency of agricultural extension agents towards extension media that are frequently used. In this study, the expertise of the extension agents and the role of the colleagues had an impact on preferences
Kata Kunci : preferensi, penyuluh pertanian, media penyuluhan