Analisis perluasan merek pada Shampo Lifebuoy Hydro-Protein
ILDAWATY, Linda, Dr. BM. Purwanto, MBA
2004 | Tesis | Magister ManajemenTujuan penelitian dari tesis ini adalah: 1) untuk mengetahui penerimaan pasar terhadap LifeBuoy Hydro-Protein Shampoo yang merupakan perluasan merek dari sabun Lifebuoy; dan 2) untuk mengukur asosiasi dari parent-brand LifeBuoy dan sub-brand Lifebuoy Hydro-Protein serta transfer asosiasi yang berlangsung antara parent-brand LifeBuoy dan sub-brand Lifebuoy Hydro- Protein Shampoo. Ada tiga variabel yang diukur dalam penelitian ini yaitu kesadaran merek (brand awareness), loyalitas merek (brand loyalty) dan asosiasi merek (brand association). Hasil penelitian dari tesis ini menunjukkan bahwa: 1) penerimaan pasar terhadap Lifebuoy Hydro-Protein Shampoo sebagai perluasan merek dari sabun Lifebuoy oleh masyarakat Yogyakarta cukup baik dan 2) transfer asosiasi yang berlangsung baik dari sabun Lifebuoy ke Lifebuoy Hydro-Protein Shampoo adalah sebanyak 4 asosiasi dari 12 asosiasi yang dimiliki sabun Lifebuoy, antara lain adalah asosiasi segar, iklannya menarik, produk keluarga dan anti bakteri. Sedangkan asosiasi lainnya yang tidak tertransfer dengan baik adalah asosiasi sehat, bersih, wangi, tahan lama, mampu membunuh kuman, merek terkenal, mudah diperoleh dan harganya tidak mahal. Berdasarkan hasil diatas maka PT. Unilever Indonesia perlu mengemba ngkan promosi Lifebuoy Hydro-Protein Shampoo pada 8 asosiasi lainnya yang belum dapat ditransfer dengan baik. Disamping itu terdapat peluang bagi PT. Unilever Indonesia untuk mengembangkan sabun Lifebuoy untuk perluasan merek kategori produk lainnya yang memiliki kaitan dengan empat asosiasi yang dapat ditransfer dengan baik tersebut.
The purpose of this research is: 1) to understand the market reception of Lifebuoy Hydro-Protein Shampoo which is the brand extension of Lifebuoy soap and 2) to measure the association of Lifebuoy parent brand and Lifebuoy Hydro- Protein Shampoo sub brand, also association transfer between parent brand and sub brand Lifebuoy Hydro-Protein Shampoo. There are 3 variables to be measured in this research: brand awareness, brand loyalty and brand association. The result of this thesis indicate that 1) market reception of Lifebuoy Hydro- Protein Shampoo as brand extension from Lifebuoy soap is good enough in Yogyakrta and 2) association transfer between lifebuoy soap and lhos have 4 association from 12 association of Lifebuoy soap which are fresh, interesting advertising, family product and anti-bactery. Thus, other associations that are well transfer are healthy, clean, smells good, longer protection, disinfectant, well known brand, easy to get and low price, Based on the results, it is suggested that PT Unilever Indonesia to developed promotion of Lifebuoy Hydro-Protein Shampoo on 8 associations that are not well transferred besides. There are opportunities of PT Unilever Indonesia to develop Lifebuoy soap brand extension to other product categories that related to the well transferred 4 association.
Kata Kunci : Manajemen Pemasaran, Loyalitas Merk, Kesadaran Merk, brand loyalty, developed promotion