Laporkan Masalah

Pengembangan Aktivitas Tantangan dan Permainan Sebagai Upaya Pembaharuan Atraksi Wisata di Desa Wisata Krebet

Chelsea Vida Erdanti, M. Sidiq Wicaksono, S.E., M.Sc., C.H.E

2023 | Tugas Akhir | D4 Bisnis Perjalanan Wisata

Desa Wisata Krebet mempunyai seni dan budaya yang dan menawarkan berbagai macam atraksi wisata. Pascapandemi COVID-19, pembaharuan atraksi wisata di Desa Wisata Krebet perlu dilakukan. Pembaharuan atraksi wisata menjadi inovasi terbaru untuk Desa Wisata Krebet agar menarik wisatawan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan atraksi wisata yang telah ada di Desa Wisata Krebet menjadi sebuah tantangan dan permainan untuk menciptakan kesan dan pesan bagi wisatawan dalam membangun sebuah tim. Penelitian kualitatif ini menggunakan metode observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Hasil penelitian ini membuat atraksi wisata yang ada di Desa Wisata Krebet menjadi sebuah paket wisata baru berupa tantangan dan permainan dengan sarana website. Tantangan dan permainan dengan sarana website ditujukan kepada kelompok besar yang berkunjung di Desa Wisata Krebet seperti mahasiswa dan kegiatan wisata sebuah perusahaan agar memberi kesan pada setiap atraksi wisata. Penggunaan website diperlukan untuk memudahkan wisatawan dalam bermain, mengetahui informasi dan kebutuhan lainnya dalam satu perangkat. 

Krebet Tourism Village has art and culture and offers a variety of tourist attractions. After the COVID-19 pandemic, it is necessary to renew tourist attractions in the Krebet Tourism Village. Renewal of tourist attractions is the latest innovation for Krebet Tourism Village to attract tourists. The purpose of this research is to develop tourist attractions that already exist in Krebet Tourism Village into a challenge and a game to create impressions and messages for tourists in building a team. This qualitative research uses the method of observation, interviews, literature and documentation. The results of this study make the tourist attractions in Krebet Tourism Village become a new tour package in the form of challenges and games with website facilities. Challenges and games with website facilities are aimed at large groups visiting the Krebet Tourism Village such as students and tourism activities of a company in order to give an impression on every tourist attraction. The use of the website is needed to make it easier for tourists to play, find information and other needs in one device.

Kata Kunci : Tantangan dan Permainan, Situs Web Permainan, Paket Wisata, Kegiatan Membangun Tim, Desa Wisata Krebet.

  1. D4-2023-483422-abstract.pdf  
  2. D4-2023-483422-bibliography.pdf  
  3. D4-2023-483422-tableofcontent.pdf  
  4. D4-2023-483422-title.pdf