Pengembangan Aktivitas Tantangan dan Permainan Sebagai Upaya Pembaharuan Atraksi Wisata di Desa Wisata Krebet
Chelsea Vida Erdanti, M. Sidiq Wicaksono, S.E., M.Sc., C.H.E
2023 | Tugas Akhir | D4 Bisnis Perjalanan Wisata
Desa Wisata Krebet mempunyai seni dan budaya yang dan menawarkan berbagai
macam atraksi wisata. Pascapandemi COVID-19, pembaharuan atraksi wisata di
Desa Wisata Krebet perlu dilakukan. Pembaharuan atraksi wisata menjadi inovasi
terbaru untuk Desa Wisata Krebet agar menarik wisatawan. Tujuan dari penelitian
ini adalah mengembangkan atraksi wisata yang telah ada di Desa Wisata Krebet
menjadi sebuah tantangan dan permainan untuk menciptakan kesan dan pesan bagi
wisatawan dalam membangun sebuah tim. Penelitian kualitatif ini menggunakan
metode observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Hasil penelitian ini
membuat atraksi wisata yang ada di Desa Wisata Krebet menjadi sebuah paket
wisata baru berupa tantangan dan permainan dengan sarana website. Tantangan dan
permainan dengan sarana website ditujukan kepada kelompok besar yang
berkunjung di Desa Wisata Krebet seperti mahasiswa dan kegiatan wisata sebuah
perusahaan agar memberi kesan pada setiap atraksi wisata. Penggunaan website
diperlukan untuk memudahkan wisatawan dalam bermain, mengetahui informasi
dan kebutuhan lainnya dalam satu perangkat.
Krebet Tourism Village has art and culture and offers a variety of tourist
attractions. After the COVID-19 pandemic, it is necessary to renew tourist
attractions in the Krebet Tourism Village. Renewal of tourist attractions is the latest
innovation for Krebet Tourism Village to attract tourists. The purpose of this
research is to develop tourist attractions that already exist in Krebet Tourism
Village into a challenge and a game to create impressions and messages for tourists
in building a team. This qualitative research uses the method of observation,
interviews, literature and documentation. The results of this study make the tourist
attractions in Krebet Tourism Village become a new tour package in the form of
challenges and games with website facilities. Challenges and games with website
facilities are aimed at large groups visiting the Krebet Tourism Village such as
students and tourism activities of a company in order to give an impression on every
tourist attraction. The use of the website is needed to make it easier for tourists to
play, find information and other needs in one device.
Kata Kunci : Tantangan dan Permainan, Situs Web Permainan, Paket Wisata, Kegiatan Membangun Tim, Desa Wisata Krebet.