Laporkan Masalah

Analisa persepsi pengguna internet terhadap keamanan berinteraksi di internet

TRIANDONO, Fajar Yudo, Prof.Dr. Zaki Baridwan, MSc

2004 | Tesis | Magister Manajemen

Keamanan dalam bertransaksi di Internet merupakan hal yang penting. Kepercayaan dan keamanan adalah dua hal yang harus dipenuhi oleh pihak yang menyelenggarakan sistem transaksi online. Studi yang dilakukan oleh Cheskin Research and Sapient menunjukkan bahwa pandangan konsumen terhadap keamanan transaksi online mempengaruhi kepercayaan mereka kepada perusahaan yang menjual secara online. Perasaan takut akan pelanggaran terhadap privasi dan keamanan menjadi kendala dalam perkembangan transaksi secara online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi pengguna Internet yang bekerja di bidang teknologi informasi dengan pengguna Internet umum, baik yang bekerja maupun tidak bekerja terhadap keamanan bertransaksi, dengan memandang aspekaspek keamanan bertransaksi di Internet yaitu Privasi, Authentifikasi, Integritas, Non Repudiation dan Keamanan. Hipotesis yang digunakan yaitu apakah ada persamaan persepsi pengguna Internet terhadap aspek-aspek keamanan tersebut dan apakah ada perbedaan persepsi pengguna Internet terhadap aspek-aspek keamanan tersebut serta mengetahu aspek mana yang paling mempengaruhi persepsi kedua kelompok pengguna Internet. Pengujian hipotesis menggunakan alat statistik uji t untuk mengetahui persamaan dan perbedaan persepsi, sedangkan analisa diskriminan digunakan untuk mengetahu aspek mana yang paline mempengaruhi persepsi pengguna Internet dalam bertransaksi di Internet. Dari hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa adanya persamaan persepsi pengguna Internet terhadap aspek privasi, integritas, non-repudiation dan keamanan dan perbedaan persepsi pada aspek authetifikasi. Hasil analisa diskriminan menunjukkan bahwa privasi dan keamanan paling mempengaruhi persepsi pengguna Internet dalam bertransaksi, sedangkan aspek integritas, authentifikasi dan non-repudiation tidak mempengaruhi pendapat responden secara keseluruhan mengenai aman atau tidak bertransaksi di Internet. Kesimpulan yang dapat ditarik bahwa pengguna Internet dari kedua kelompok masih mengkhawatirkan keamanan bertransaksi di Internet dan perlu adanya perhatian dari penyelenggara e-commerce untuk meningkatkan kepercayaan pengguna Internet terhadap keamanan bertransaksi.

Available in Fulltext

Kata Kunci : Manajemen Layanan, Industri Internet, Persepsi Konsumen, e-comerce, internet user perception, online security, online transaction


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.