Analisis Merek Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada melalui channel YouTube
Dony Andhika Eka Putra, Ahmad Muam S.S., M.Sc
2023 | Tugas Akhir | D4 BAHASA INGGRIS
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi identitas, segmentasi pasar dan indikator branding di Sekolah Vokasi YouTube Channel. Dasar teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Identitas merek, STP (Segmentasi, Target dan Posisi), dan Indikator Branding (Brand name, logo, visual appearance, spokesman, words, sound). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan mengumpulkan data dari proses observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka yang berkaitan dengan penelitian. Proses observasi dilakukan dengan menganalisis konten di channel YouTube Sekolah Vokasi UGM. Penulis mewawancarai Hubungan Masyarakat Sekolah Vokasi, responden dari wawancara tersebut adalah staf humas dan manajer humas Sekolah Vokasi UGM untuk memperoleh data Identitas Sekolah Vokasi UGM dan Segmentasi, data didokumentasikan dalam bentuk gambar dan rekaman suara yang ditranskripsi ke tulisan, studi
Pustaka (Penulis membaca jurnal maupun artikel terkait topik penelitian).
Identitas merek Sekolah Vokasi UGM terdiri dari beberapa aspek, antara lain karakteristik, perbedaan akademik, kelebihan dan fasilitas Sekolah Vokasi UGM. Segmentasi dari Sekolah Vokasi UGM adalah siswa dan orang tua SMA maupun SMK seluruh Indonesia, Target dari SV adalah siswa SMA dan SMK dari semua kalangan ekonomi, dan Posisi Sekolah Vokasi UGM yang diharapkan menjadi perguruan tinggi vokasi referensi utama bangku kuliah setelah SMA/ SMK. Dari analisi 15 video yang diambil sampel dapat disimpulkan, Indikator Branding terdiri atas Nama Merk (80%), Logo (80%), Tampilan visual (67%), Pembicara (90%), Teks (90%) dan Suara (0%), Animasi (85%), Teks (90%) Gambar (0%) dan Video (100%). Dari konten yang dibuat untuk segmentasi siswa SMA dan SMK, konten yang dibuat sudah sesuai untuk mengenalkan Sekolah Vokasi UGM ke masyarakat. Tetapi untuk sisi kriteria branding masih harus memperhatikan aspek tampilan visual, tagline, gambar dan suara yang merepresentasikan Sekolah Vokasi UGM agar Sekolah Vokasi UGM mudah diingat oleh masyarakat.
The research aims to identify the identity, market segmentation and branding indicator of Sekolah Vokasi UGM through its YouTube Channel. The main theory used in the research is Brand identity, STP (Segmentation, Targeting and Positioning) and Branding Indicator (Brand name, logo, visual appearance, spokesman, words, sound). The research method used in the study is qualitative descriptive by collecting data from observation, interviews, documentation, and literature review related to research. The observation done by analyzing content in the YouTube channel of Sekolah Vokasi UGM. The writer had interviewed the Public Relations staff of Sekolah Vokasi UGM, the respondent of the interview is the staff and manager of the Public Relations Sekolah Vokasi UGM, to get the data of Identity and Segmentation. Data were documented in the forms of pictures and audio and transcribes into text, literature review.
Brand Identity of Sekolah Vokasi UGM consists of several aspects, such as characteristics, academic difference, advantages of Sekolah Vokasi UGM and facility of Sekolah Vokasi UGM. The Segmentation of Sekolah Vokasi UGM is the students or parents from Senior High School nor Vocational High School across Indonesia, Target of Sekolah Vokasi UGM is students from Vocational High School from all economic aspects and Position of Sekolah Vokasi UGM which is expected as being the first reference of college after high school graduation. From 15 sampled videos concluded the Brand name (80%), Visual logo (80 %), Visual appearance (67%), Spokesman (90%), Words (20%) , Sound (0%), Animation (85%), Text (90%), Images (0%), Video (100%). From the content they made, as segmented students from high school nor vocational high school, the contents were made correctly to introduce Sekolah Vokasi UGM to society. However, for the branding criteria it needs to notice aspects of visual appearance, tagline, images, and sound represents Sekolah Vokasi UGM. Thus, it can be easily remembered by society.
Kata Kunci : Identify, Segmentation, YouTube channel of Sekolah Vokasi UGM, Branding Indicator