Laporkan Masalah

PERANCANGAN USER EXPERIENCE DAN USER INTERFACE WEBSITE DIGITAL EKOSISTEM UNTUK UMKM

Qurrota A'yunin, Divi Galih Prasetyo Putri, S.Kom., M.Kom.

2023 | Tugas Akhir | D4 Teknologi Perangkat Lunak

UMKM merupakan kegiatan usaha produktif yang sifat pengembangan bisnisnya dilakukan mandiri oleh masing-masing pengusaha. Cara dan strategi dalam menjalankan usaha setiap UMKM berbeda-beda, namun UMKM di Indonesia masih terjebak pada permasalahan-permasalahan yang sama dikarenakan faktor pengetahuan dan kesulitan menemukan pihak yang tepat. Oleh karena itu, diciptakan solusi website digital ekosistem untuk UMKM. Solusi ini yang diimplementasikan dalam perancangan User Interface (UI) dan User Experience (UX) agar pelaku UMKM dapat menerima dan menggunakan website dengan baik. Proses penelitian dilakukan dengan pendekatan yang berpusat pada pengguna melalui metode design thinking. Tahapan penelitian dimulai dengan analisis sisi bisnis, teknologi, kompetitor, dan pengguna, kemudian dilanjutkan dengn perancangan desain yang dilakukan melalui tahap empathize, define, ideate, prototype, dan tahap terakhir yaitu test. Hasil akhir rancangan yang dibuat telah diujikan pada System Usability Scale (SUS) dengan skor 72 yaitu tergolong desain yang baik dan dapat diterima (excellent and acceptable), dan pada pengujian usability testing (UT) yang menunjukkan bahwa 90,5% fungsi fitur bisa dijalankan pengguna. Hal ini menunjukkan bahwa user interface dan user experience yang dihasilkan telah berhasil dibuat dengan baik.

MSMEs are productive business activities whose business development is carried out independently by each entrepreneur. The ways and strategies for running a business for every MSME are different, but MSMEs in Indonesia are still stuck in the same problems due to the knowledge factor and the difficulty in finding the right party. Therefore, a digital ecosystem website solution was created for MSMEs. This solution is implemented in the design of the User Interface (UI) and User Experience (UX) so that MSME players can receive and use the website properly. The research process is carried out using a user-centered approach through the design thinking method. The research stage begins with an analysis of the business, technology, competitors, and users side, then proceed with designing the design which is carried out through empathize, define, ideate, prototype, and the last stage is the test. The final design results have been tested on the System Usability Scale (SUS) with a score of 72 which is classified as excellent and acceptable design, and on usability testing (UT) which shows that 90.5% of feature functions can be executed by the user. This shows that the resulting user interface and user experience have been successfully created.

Kata Kunci : UMKM, ekosistem digital, user interface, user experience, design thinking

  1. D4-2023-483360-abstract.pdf  
  2. D4-2023-483360-bibliography.pdf  
  3. D4-2023-483360-tableofcontent.pdf  
  4. D4-2023-483360-title.pdf