Social Media and Political Literacy: Audience Reception Analysis Toward Gerindra Twitter Account
Denisa Aulia Fahira, Dr. Wisnu Martha Adiputra, S.I.P., M.Si.
2023 | Skripsi | Ilmu Komunikasi
Media sosial kini banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan. Partai politik memanfaatkannya sebagai media untuk memperluas jaringan ke khalayak yang lebih luas karena berbagai kegiatan dapat dilakukan di media sosial. Partai Gerindra dengan akun @Gerindra di Twitter menjadi sorotan khalayak karena penyampaiannya yang berbeda dengan partai lain. Khalayak juga memiliki pandangan yang berbeda terhadap informasi yang diberikan oleh akun @Gerindra. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui resepsi khalayak terhadap akun Twitter @Gerindra. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini juga menggunakan teori literasi politik dan literasi digital yang terdiri dari beberapa aspek sebagai dasar untuk mengetahui latar belakang resepsi khalayak, serta teori resepsi khalayak dari Stuart Hall. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa latar belakang dan beberapa aspek hubungan antara literasi politik dan literasi digital, termasuk pengalaman yang pernah dialami oleh khalayak, mempengaruhi resepsi yang diterimanya. Pada akhirnya, khalayak ditentukan berdasarkan kategori resepsi khalayak dari Stuart Hall.
Social media is now widely used for various needs. Political parties use it as a medium to expand
their network to a broader audience because various activities can be carried out on social media.
Gerindra Party, with its account @Gerindra on Twitter, is in the audience's spotlight because its
delivery differs from other parties. Audiences also have different views on the information
provided by the @Gerindra account. This paper aims to determine the audience reception of the
@Gerindra Twitter account. This research uses a descriptive qualitative research method. This
study also uses the theory of political literacy and digital literacy, which consists of several aspects
as a basis for knowing the background of audience reception, as well as Stuart Hall's audience
reception theory. The results obtained in this study show that the background and several aspects
of the relationship between political literacy and digital literacy, including the experiences that the
audience has experienced, affect the reception they receive. In the end, an audience is determined
based on the categories of Stuart Hall's audience reception.
Kata Kunci : Social Media, Political Literacy, Audience Reception.