Laporkan Masalah

Strategi pemasaran pupuk NPK Pelangi di lingkungan PT Pupuk Kalimantan Timur, Tbk

YOGA, Anggoro Ponco, Prof.Dr. Dibyo Prabowo, MSc

2004 | Tesis | Magister Manajemen

Situasi pemasaran produk pupuk di dalam negeri pada saat sekarang ini telah menunjukkan kondisi bersaing walaupun PT Pupuk Kalimantan Timur Tbk sebagai pengemban Keputusan Menteri Perindustrian dan Perdagangan No. 70/MPP/Kep/2/2003 dan No. 306/MPP/Kep/4/2003 sebenarnya masih memiliki hak monopoli terbatas sesuai wilayah pemasaran di Indonesia Bagian Timur, khususnya pemasaran pupuk untuk keperluan sektor pertanian. Sejalan dengan program ketahanan pangan yang dicanangkan pemerintah, maka PT Pupuk Kalimantan Timur Tbk harus mengembangkan strategi pemasaran produk pupuk baru yaitu pupuk majemuk NPK untuk mendukung program pemerintah tersebut dan tentu saja juga untuk meraih tujuan perusahaan dalam mendapatkan keuntungan maksimal bagi perusahaan. Saat ini sebagian besar pangsa pasar produk majemuk NPK di dalam negeri telah dikuasai oleh pesaing utama, yaitu PT Petrokimia Gresik. Namun demikian, dalam waktu dekat pendatang baru potensial seperti PT Pupuk Sriwijaya, PT Pupuk Kujang dan PT Pupuk Iskandar Muda serta produk pupuk NPK impor mulai mengancam pasar dalam negeri sehingga persaingan bisnis pupuk NPK semakin ketat. Analisis yang dilakukan terdiri dari analisa bauran pemasaran, analisa persaingan industri, dan analisis SWOT. Dari analisis SWOT ini akan diketahui bagaimana posisi perusahaan dan strategi pemasaran apa yang semestinya relevan atau sesuai dengan tujuan pemasaran. Kesimpulan yang didapatkan dari penelitian ini adalah bahwa PT Pupuk Kalimantan Timur Tbk, harus menerapkan strategi pemasaran mendukung strategi diversifikasi (diversivication strategy) yang berorientasi pada tahap perkenalan (introduction oriented strategy) dan menggunakan konsep strategi penetrasi cepat (rapid penetration strategy) dalam memenuhi kebutuhan konsumen. Selanjutnya, strategi pemasaran dalam bersaing tidak hanya berfokus pada faktor harga saja, tetapi juga faktor non harga yang dijadikan kekuatan untuk menciptakan keunggulan bersaing, antara lain kelengkapan produk, kualitas produk dengan standar internasional, jangkauan distribusi/pemasaran dengan cakupan pemasaran yang luas, pengalaman dalam mengelola industri kimia dasar khususnya industri pupuk, dan yang penting pupuk majemuk NPK Pelangi diharapkan menjadi kebanggaan nasional. PT Pupuk Kalimantan Timur Tbk, juga menerapkan strategi diferensiasi untuk memposisikan diri di benak konsumen sebagai produsen pupuk NPK yang handal dengan slogan “Pupuk NPK Pelangi, Maju Bersama Petani Menuju Indonesia Sejahtera”.

Available in Fulltext

Kata Kunci : Manajemen Pemasaran, Strategi, Industri Pupuk, the marketing fix, SWOT analysis, introduction oriented strategy


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.