Kajian Pola Penelitian Tugas Akhir Mahasiswa S1 Farmasi UGM Sebelum dan Selama Pandemi COVID-19
Nisrina Luth Fiani, Apt. Arief Rahman Hakim, M.Si. ; Dr. apt. Anna Wahyuni Widayanti, MPH.
2023 | Skripsi | FARMASI
Sistem Pendidikan
Tinggi dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran menggunakan acuan sebuah
kurikulum, merupakan alat untuk mencapai tujuan pendidikan. Kurikulum adalah
seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran
serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan
pembelajaran. Kurikulum disusun
berdasarkan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) atau Learning Outcome
yang terdiri dari unsur sikap, keterampilan umum, keterampilan khusus, dan
pengetahuan. Salah satu untuk mencapai integrasi keempat unsur tersebut adalah
mahasiswa wajib mengerjakan tugas akhir yang dilakukan dengan menjalankan
penelitian untuk menjawab permasalahan dan menyusunnya dalam sebuah laporan.
Pada saat Pandemi COVID-19, kegiatan akademik
mengalami beberapa modifikasi. Kegiatan akademik (perkuliahan, praktikum, tugas
akhir dll) bisa menggunakan metode blended learning atau pembelajaran
online (dalam jaringan). Namun, pembelajaran online (dalam jaringan) tersebut
tetap harus memperhatikan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK). Fakta-fakta
di atas memunculkan sebuah pemikiran perlu penelitian yang bertujuan untuk
mengetahui pola penelitian tugas akhir mahasiswa S1 Farmasi UGM sebelum dan
selama pandemi COVID-19.
Pada penelitian ini, dilakukan analisis data sekunder
dengan melakukan penelusuran database tugas akhir atau skripsi mahasiswa di
perpustakaan Fakultas Farmasi UGM, dalam hal ini ditujukan untuk tugas akhir
mahasiswa yang sudah lulus Program Studi Sarjana yang secara umum untuk tugas
akhir pada periode sebelum dan selama Pandemi COVID-19. Penelusuran database
ditujukan untuk mahasiswa akhir yang menyelesaikan tugas akhir pada tahun 2018
hingga 2021.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi perubahan yang
cukup signifikan dan dapat dilihat dari jenis penelitian tugas akhir atau
skripsi mahsiswa pada sebelum dan selama Pandemi COVID-19. Sebelum Pandemi
COVID-19, untuk penelitian observasional sebanyak 98 (22,79%), penelitian
dengan wawancara sebanyak 29 (6,74%), penelitian laboratorium sebanyak 251 (58,37%),
tidak terdapat literature review dan penelitian analisis data sekunder sebanyak
52 (12,09%). Kemudian untuk selama Pandemi COVID-19, untuk penelitian
observasional sebanyak 90 (22,96%), penelitian dengan wawancara sebanyak 34
(8,67%), penelitian laboratorium sebanyak 90 (22,96%), literature review 133
(33.93%) dan penelitian analisis data sekunder sebanyak 45 (11,48%). Perubahan
tersebut sangat terlihat jelas dari sebelum pandemi COVID-19 (2018-2019) dan
selama pandemi COVID-19 (2020-2021).
The Higher Education System in the implementation of
learning activities uses a curriculum as a reference, which is a tool to
achieve educational goals. Curriculum is a set of plans and arrangements
regarding objectives, content and learning materials as well as the methods
used as guidelines for organizing learning activities. The curriculum is
structured based on Graduate Learning Outcomes (CPL) or Learning Outcomes which
consist of elements of attitudes, general skills, specific skills, and
knowledge. One of the ways to achieve the integration of the four elements is
that students are required to complete their final assignment by carrying out
research to answer problems and compile them in a report. During the COVID-19
Pandemic, academic activities underwent several modifications. Academic
activities (lectures, practicums, final assignments, etc.) can use the blended
learning method or online learning (in a network). However, online (in-network)
learning still has to pay attention to Course Learning Outcomes (CPMK). The
facts above raise an idea that research is needed which aims to find out the
research pattern of the final assignment of Pharmacy UGM students before and
during the COVID-19 pandemic.
In this study, secondary data analysis was carried out by
searching the database of student final assignments or thesis in the library of
the Faculty of Pharmacy UGM, in this case it is intended for the final
assignment of students who have graduated from the Undergraduate Study Program
which is generally for final assignments in the period before and during the
COVID Pandemic -19. The database search is intended for final students who
complete their final assignments in 2018 to 2021.
The results of the study show that there have been
significant changes and can be seen from the type of final assignment or
student thesis research before and during the COVID-19 Pandemic. Before the
COVID-19 pandemic, there were 98 (22.79%) observational studies, 29 (6.74%)
research with interviews, 251 laboratory studies (58.37%), no literature
reviews and 52 secondary data analysis studies (52 (12.09%). Then during the
COVID-19 Pandemic, there were 90 (22.96%) observational studies, 34 (8.67%)
research with interviews, 90 (22.96%) laboratory studies, 133 literature
reviews (33.93%) and 45 (11.48%) secondary data analysis research. These
changes were very clear from before the COVID-19 pandemic (2018-2019) and
during the COVID-19 pandemic (2020-2021).
Kata Kunci : Tugas Akhir, Skripsi, S1 Farmasi, Pandemi COVID-19.