Motivasi dan Aktivitas Peserta Sleman Temple Run 2023
Dian Novitasari, Yulita Kusuma Sari, S.T., M.Sc.
2023 | Skripsi | PARIWISATA
Sleman Temple Run merupakan salah
satu inovasi produk wisata dari Dinas Pariwisata Sleman dalam mencanangkan
Kawasan Kabupaten Sleman sebagai sport tourism destination. Melalui sport
event ini diharapkan dapat memperkenalkan potensi dan meningkatkan aktivitas
wisata di kabupaten ini. Penelitian ini bertujuan untuk membahas motivasi dan
aktivitas wisata melalui penyelenggaran event Sleman Temple Run (STR)
pada tahun 2022. penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif yang
dilakukan dengan menggunakan data primer dan sekunder yang diperoleh melalui
penyebaran kuesioner dan studi pustaka. Proses analisis dilakukan seacra
bertahap, yaitu (1) tahap pemeriksaan data, (2) pengelompokkan data, dan (3)
tabulasi dan analisis data.
Hasil penelitian berupa profil
peserta, analisis mengenai motivasi wisatawan peserta STR 2022 baik secara umum
dan khusus serta aktivitas wisata. Dapat disimpulkan bahwa pertama, wisatawan
rata-rata peserta berasal dari area Jawa, memiliki pekerjaan paling banyak
yaitu Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pegawai swasta memiliki rata-rata
penghasilan dengan range 3-8 juta. Peserta didominasi oleh peserta dengan
rentang usia terbanyak pada umur 26-34 tahun dengan jenis kelamin laki-laki
berjumlah 28 peserta dan perempuan berjumlah 20 peserta. Kedua, motivasi dari
tingkat tertinggi ke terendah 1) motivasi fisiologis, 2) motivasi fantasi, 3) motivasi
sosial, 4) motivasi budaya.
Kemudian, motivasi secara khusus (sport tourism) berdasarkan dari
analisis di bagian pembahasan yaitu 1) physical fitness, 2) competition, 3) destination
attributes, 4) travel exploration, 5) self-enrichment, 6) stress relief, 7)
social needs, 8) skill mastery, 9) aggression. Kemudian ketiga, aktivitas wisata
yang dilakukan para peserta terdiri dari aktivitas trail run saja sebesar
62.07?ngan jumlah 54 peserta sedangkan peserta yang melakukan aktivitas lain
sebesar 37.93?ngan jumlah 33 peserta. Dari aktivitas wisata lain yang
dilakukan oleh peserta dengan jumlah tertinggi hingga terendah, yaitu 1) wisata
kuliner, 2) wisata alam, 3) wisata budaya, dan 4) wisata adventure.
Sementara kawasan yang paling dikunjungi ialah 1) Kabupaten Sleman, 2) Kota
Yogyakarta, 3) Kabupaten Bantul, 4) Kabupaten Gunung Kidul, 5) Kabupaten Kulon
Progo, dan 6) Kabupaten Magelang. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa
Dinas Pariwisata melalui inovasi produk wisata Sleman Temple Run dapat
meningkatkan aktivitas kunjungan wisata di Kota Yogyakarta terutama di
Kabupaten Sleman meskipun tidak secara signifikan.
Sleman
Temple Run is one of the tourism product innovations from the Sleman Tourism
Office in launching the Sleman Regency Area as a sports tourism destination.
Through this sport event, it is expected to introduce the potential and
increase tourism activities in this district. This research aims to discuss the
motivation and tourism activity through organizing the Sleman Temple Run (STR)
event in 2022. This research uses descriptive quantitative methods carried out
using primary and secondary data obtained through the distribution of
questionnaires and literature studies. The analysis process was carried out in
stages, namely (1) data examination stage, (2) data grouping, and (3)
tabulation and data analysis.
The
results of the study are in the form of participant profiles, analysis of the
motivation of tourists participating in STR 2022 both in general and
specifically and tourism activities. It can be concluded that first, the
average participant traveler comes from the Java area, has the most jobs, namely
the State Civil Apparatus (ASN) and private employees have an average income
with a range of 3-8 million. Participants are dominated by participants with
the highest age range at the age of 26-34 years with male gender totaling 28
participants and women totaling 20 participants. Second, motivation from
highest to lowest level 1) physiological motivation, 2) fantasy motivation, 3)
social motivation, 4) cultural motivation. Then, the specific motivation (sport
tourism) based on the analysis in the discussion section, namely 1) physical
fitness, 2) competition, 3) destination attributes, 4) travel exploration, 5)
self-enrichment, 6) stress relief, 7) social needs, 8) skill mastery, 9)
aggression. Then third, the tourism activities carried out by the participants
consisted of trail run activities only by 62.07% with a total of 54
participants while participants who did other activities amounted to 37.93%
with a total of 33 participants. From other tourism activities carried out by
participants with the highest to the lowest number, namely 1) culinary tourism,
2) nature tourism, 3) cultural tourism, and 4) adventure tourism. While the
most visited areas are 1) Sleman Regency, 2) Yogyakarta City, 3) Bantul
Regency, 4) Gunung Kidul Regency, 5) Kulon Progo Regency, and 6) Magelang
Regency. From these results, it can be concluded that the Tourism Office
through the Sleman Temple Run tourism product innovation can increase tourist
visitation activities in Yogyakarta City, especially in Sleman Regency,
although not significantly.
Kata Kunci : motivasi, aktivitas, sport event, sport toursim