Laporkan Masalah

Analisis Kata Serapan Bidang Game Online dalam Webtoon The Gamer (Deo Geimeo)

Zulfikar Satria Hutama, Dr. Hwang Who Young, M.A.,

2023 | Skripsi | BAHASA KOREA

Penelitian dengan judul Analisis Kata Serapan Bahasa Asing Bidang Game Online dalam Webtoon The Gamer ini dilakukan dalam rangka menganalisis kata serapan bahasa asing dalam webtoon tersebut berdasarkan pembentukan kata, kelas kata, dan perubahan makna kata. Data yang digunakan adalah kata serapan bahasa Inggris sejumlah 50 kata yang diperoleh dari metode simak dan catat. Data dianalisis dengan teori morfologi (Gu, dkk., 2015) untuk proses pembentukan kata beserta kelas katanya dan menggunakan teori semantik dari Wijana dan Rohmadi (2011) untuk menganalisis perubahan makna dalam kata serapan. Hasil analisis diutarakan menggunakan bentuk deskriptif informal.
Hasil yang ditemukan adalah pembentukan kata dengan 12 kata terbentuk dari kata tunggal, 12 kata hasil derivatif, dan 16 kata majemuk. Dua belas kata bentuk tunggal tersebut adalah nomina. Selanjutnya, terdapat 12 kata derivatif yang terdiri atas 1 kata hasil penggabungan akar kata dengan prefiks go- dengan kelas kata nomina, 9 kata derivatif dengan sufiks -hada dengan delapan kata berkelas kata verba dan satu kata berkelas kata adjektiva, 1 kata derivatif dengan sufiks -gye dengan kelas kata nomina, dan 1 kata derivatif dengan sufiks -ryeok dengan kelas kata nomina. Di samping itu, dalam proses pembuatan kata majemuk diperoleh 16 kata majemuk yang terbentuk dari gabungan akar kata bahasa Korea+ bahasa Inggris sebanyak 7 kata, kata bahasa Inggris+ kata bahasa Korea sebanyak 6 kata, dan kata bahasa Inggris+ kata bahasa Inggris sebanyak 3 kata. Semua kata majemuk tersebut termasuk ke dalam kelas kata nomina, sehingga dapat disebut dengan kata majemuk nomina atau hapseongmyeongsa. Ditemukan pula 9 perubahan makna meluas dan 1 perubahan makna memburuk (peyoratif). Melalui hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa dalam membentuk kata-kata baru, masyarakat Korea menggunakan cara yang sesuai dengan prinsip pembentukan kata baru yang ada dalam teori oleh Gu, dkk. (2015). Selain itu, terdapat pula beberapa kata serapan yang mengalami perubahan kelas kata dan makna dalam proses penyerapannya. Hal ini menunjukkan kreativitas masyarakat Korea dalam membentuk kata-kata baru guna menjelaskan konsep-konsep baru yang muncul.

This thesis with the title “Analysis of Loanwords in the Field of Online Games in Webtoon The Gamer” is written to analyze foreign language loanwords in the webtoon based on word formation, word class, and changes in word meaning. The data used in this research are foreign language loanwords, especially English. A total of 50 words are obtained from the method of reading and taking notes. The data that has been obtained is analyzed using morphological theory by Gu, et.al. (2015) about the process of word formation along with its word classes and using semantic theory by Wijana dan Rohmadi (2011) to analyze changes in meaning in the loan words. The results of the analysis are expressed using informal descriptive forms.

The outcome of this analysis is the findings of the morphological process of word formation with 12 singular words prosses, 12 derivative words, and 16 compound words, and 10 words with semantic changes in the semantic process. Those 12 singular words are classified into noun. The 12 derivative words consist of one word resulting from the combination of a word root with the prefix go-, with a noun word class, 9 derivations with the suffix -hada where 8 words are verbs and 1 word is adjective, 1 derivation with the suffix -gye with a noun word class and 1 derivation with the suffix -ryeok as a noun. In addition, in 16 compound words, there are 7 compound words formed from Korean + English roots, 6 English + Korean words, and 3 English + English words. All of these compound words are classified as nouns, so they can be referred to as noun compound words or Hapseongmyeongsa. On the other hand, in the semantic theory analysis, there are 9 semantic changes in the widening of meaning and 1 semantic change in the loss of the word meaning quality.  Through these results, it can be concluded that in forming new words, Korean people use a method that is in accordance with the principles of new word formation in the theory by Gu, et al. (2015). In addition, there are also some absorption words that experience changes in word class and meaning in the absorption process. This shows the creativity of Korean people in forming new words to explain new concepts that arise.

Kata Kunci : webtoon The Gamer, kata serapan, pembentukan kata, perubahan makna.

  1. S1-2023-430897-abstract.pdf  
  2. S1-2023-430897-bibliography.pdf  
  3. S1-2023-430897-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2023-430897-title.pdf