Laporkan Masalah

Instagram sebagai Digital Marketing Channel dan Keputusan Penggunaan Online Travel Agent (OTA) Traveloka

Martha Alfina Cellin Indriana, Karlina Maizida, S.Psi., M.A.

2023 | Skripsi | PARIWISATA

Adanya globalisasi dan perkembangan teknologi membawa perkembangan yang baru terhadap dunia pariwisata sehingga tercipta banyak sekali platform yang dapat membantu masyarakat ketika melakukan kegiatan wisata. Beberapa platform tersebut adalah media sosial Instagram dan situs online ticket booking Traveloka. Melalui kedua platform tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara Instagram sebagai digital marketing channel dan keputusan penggunaan OTA Traveloka. Serta untuk melihat bagaimana karateristik dari pengguna OTA Traveloka. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan netnografi. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 157 orang. Populasi dari penelitian ini yaitu WNI yang sudah pernah melakukan transaksi atau menggunakan aplikasi/situs Traveloka dalam kurun waktu 2021-2023 dan merupakan pengguna aktif media sosial Instagram. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji korelasi Rank Spearman dengan menggunakan software SPSS 22. Penelitian ini menggunakan 2 variabel Instagram sebagai digital marketing channel yaitu copywriting dan desain grafis serta 2 variabel keputusan pengginaan OTA Traveloka yaitu purchase decision dan post purchase behavior. Hasil yang didapat yaitu hanya variabel copywriting yang merupakan bagian dari dimensi Instagram sebagai digital marketing channel yang memiliki kekuatan hubungan kuat dengan variabel purchase decision yang merupakan variabel dari Keputusan penggunaan OTA Traveloka sehingga hubungan antar dimensi Instagram sebagai digital marketing channel dan Keputusan penggunaan OTA Traveloka tidak berdampak linear secara signifikan. 

Globalization and technology development brought new development in the tourism industry such as creation of numerous platforms that can help and assist individuals in their travel-related activities. Some of those platforms are Instagram as a social media platform and Traveloka as an online ticket booking website. Through those platforms, this research aims to determine the correlation of Instagram as digital marketing channel and the decision-making of using online travel agent (OTA) Traveloka. As well as to examine the characteristic of Traveloka users. This research adopts quantitative methods with netnographic approach, using purposive sampling technique with 157 people, with a population consist of Indonesian who have conducted transactions or used Traveloka apps or websites between 2021 and 2023 and active Instagram users. This research used Rank Spearman correlation test with SPSS 22 software for data analysis techniques. Incorporate two variables "copywriting" and "graphic design" for Instagram as digital marketing channel and two variables "purchase decision" and "post purchase behavior" for the decision-making of using OTA Traveloka. Findings of this research reveal only "purchase decision" variable of Instagram as digital marketing channel strongly correlated with "copywriting" variable of Instagram as digital marketing channel. Overall, the corellation between Instagram as digital marketing channel and the decision-making of using OTA Traveloka isn't linear significantly.

Kata Kunci : Instagram,Copywriting,Desain Grafis, Customer Decision Making, Traveloka

  1. S1-2023-443369-abstract.pdf  
  2. S1-2023-443369-bibliography.pdf  
  3. S1-2023-443369-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2023-443369-title.pdf