Laporkan Masalah

PENGGUNAAN PARTIAL LEAST SQUARE (PLS-SEM) DALAM MENENTUKAN FAKTOR YANG MENDORONG MAHASISWA MENGGUNAKAN SEPEDA KAMPUS

Raihan Rizki Nusantara, Dr. Ir. Dewanti, MS

2023 | Skripsi | TEKNIK SIPIL

Pengguna kendaraan bermotor di Yogyakarta terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Hal ini berbanding lurus dengan jumlah mahasiswa yang terus bertambah setiap tahunnya. Untuk itu Universitas Gadjah Mada yang memiliki visi green campus, pada tahun 2011 menyediakan mahasiswa sepeda kampus yang bertujuan mengurangi emisi karbon yang disebabkan oleh kendaraan pribadi. Namun hal ini tidak berjalan dengan baik, karena mahasiswa mayoritas masih menggunakan kendaraan pribadi untuk melakukan perjalanan. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mencari faktor yang mempengaruhi keinginan mahasiswa dalam penggunaan sepeda kampus, kemudian mengidentifikasi pola penggunaan sepeda kampus, dan usulan pengembangan sepeda kampus berdasarkan temuan penelitian.

Pada penelitian digunakan data berupa hasil kuesioner. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling menggunakan kuesioner secara daring dengan total jumlah responden yang didapat sebanyak 132. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif yang bertujuan mendeskripsikan pola penggunaan sepeda, serta partial least square (PLS) untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi penggunaan sepeda kampus. Setelah itu, menggunakan deskriptif kualitatif untuk memberikan usulan pengembangan yang dapat dilakukan oleh UGM.

Hasil yang didapat dari penelitian ini menunjukan bahwa faktor mobilitas menjadi faktor yang berpengaruh terhadap perilaku penggunaan sepeda kampus oleh mahasiswa. Faktor fasilitas dan aksesibilitas tidak menjadi pengaruh terhadap perilaku penggunaan sepeda kampus. Berdasarkan analisis deskriptif, mahasiswa memberikan perhatian khusus terhadap kurangnya parkir sepeda kampus di sekitar gedung kampus, sepeda kampus yang sudah tidak nyaman untuk digunakan, sulitnya untuk membawa banyak barang saat bersepeda dan cuaca. Lalu mahasiswa juga memberikan usulan untuk mengaktifkan kembali stasiun-stasiun sepeda yang sudah tidak aktif.

Motor vehicle users in Yogyakarta continue to increase every year. This is directly proportional to the number of students who continue to grow every year. For this reason, Gadjah Mada University, which has a green campus vision, in 2011 provided students with campus bicycles aimed at reducing carbon emissions caused by private vehicles. However, this is not going well, because the majority of students still use private vehicles to travel. For this reason, this study aims to find factors that influence students' desire to use campus bicycles, then identify patterns of campus bicycle use, and propose campus bicycle development based on research findings.

 

In this research, data in the form of questionnaire results were used. Sampling using purposive sampling method using an online questionnaire with a total number of respondents obtained as many as 132. The analysis method used is descriptive analysis which aims to describe the pattern of bicycle use, and partial least square (PLS) to analyze the factors that influence the use of campus bicycles. Then using qualitative descriptive to provide development proposals that can be done by UGM.

 

The results obtained from this study show that the mobility factor is a factor that influences the behavior of using campus bicycles by students. Facility and accessibility factors do not influence the behavior of using campus bicycles. Based on descriptive analysis, students pay special attention to the lack of campus bicycle parking around campus buildings, campus bicycles that are no longer comfortable to use, the difficulty of carrying many items while cycling and the weather. Then students also provide suggestions to reactivate bicycle stations that are no longer active.

Kata Kunci : Sepeda kampus, smartPLS, SEM-PLS, UGM

  1. S1-2023-444021-abstract.pdf  
  2. S1-2023-444021-bibliography.pdf  
  3. S1-2023-444021-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2023-444021-title.pdf