Laporkan Masalah

Studi Komparatif Efektivitas Penyerapan Dana BOSDA Kabupaten Sleman Provinsi Dearah Istimewa Yogyakarta Tahun 2021

Jeremy Bona Pratama, Rusdi Akbar, M.Sc., Ph.D., Ak., CA.

2023 | Skripsi | AKUNTANSI

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah dana BOSDA di Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta sudah diserap secara efektif, serta menemukan solusi atas permasalahan yang muncul dari kasus dana BOSDA. Penelitian akan dilakukan dengan studi komparatif antara SD Negeri Mlati 1, SD Negeri Maguwoharjo 1, SD Muhammadiyah Dadapan, SMP Negeri 3 Mlati, SMP Islam Al Azhar 26 Yogyakarta, SMP Muhammadiyah 2 Minggir,dan SMP Negeri 4 Pakem Tahun 2021. Penelitian ini merupakan penelitian mixed methods dengan metode wawancara mendalam dan rasio efektivitas. Wawancara dilakukan terhadap kepala sekolah dan bendahara dengan memberikan pertanyaan seputar dana BOSDA. Rasio efektivitas digunakan untuk menghitung efektivitas penyerapan dana BOSDA dalam satu sekolah dan antar sekolah dengan membagikan realisasi penggunaan dana dengan rencana dana yang diberikan dikalikan dengan persentase 100%.

Dana BOSDA merupakan dana bantuan yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan operasional sekolah dan diberikan dari pemerintah kepada sekolah. Dana BOSDA diberikan menyesuaikan jumlah siswa sekolah terkait dikalikan dengan besaran dana yang telah ditentukan. Berdasarkan analisis rasio efektivitas dana BOSDA disertai dengan wawancara dengan kepala sekolah dan bendahara BOSDA, dapat disimpulkan bahwa mayoritas dana BOSDA yang diberikan pemerintah daerah kepada SD dan SMP di Kabupaten Sleman belum bisa mencukupi kebutuhan sekolah untuk peningkatan mutu, bahkan kesulitan untuk memenuhi standar pelayanan minimum. Dana BOSDA memberikan kontribusi yang nyata bagi sekolah yang mendapatkan, dan dirasa masih kurang mencukupi. Selain itu, penyerapan dana BOSDA oleh sekolah terkait sudah mencapai minimal tingkat efektif sampai maksimal ke tingkat sangat efektif. Pemerintah perlu memperhatikan adanya perbaikan kebijakan agar dana BOSDA dapat dibagikan secara lebih merata kepada sekolah yang membutuhkan. Selain itu, pemerintah perlu memperbaiki kebijakan terkait kepastian besaran dana BOSDA yang diberikan.

This study aims to analyze whether BOSDA funds in Sleman Regency, Special Region of Yogyakarta Province have been absorbed effectively, as well as find solutions to problems arising from the BOSDA fund case. The research will be carried out with a comparative study between SD Negeri Mlati 1, SD Negeri Maguwoharjo 1, SD Muhammadiyah Dadapan, SMP Negeri 3 Mlati, SMP Islam Al Azhar 26 Yogyakarta, SMP Muhammadiyah 2 Minggir, and SMP Negeri 4 Pakem in 2021. This research is a research mixed methods with in-depth interviews and effectiveness ratios. Interviews were conducted with school principals and treasurers by asking questions about BOSDA funds. The effectiveness ratio is used to calculate the effectiveness of absorption of BOSDA funds within one school and between schools by dividing the actual use of the funds by the planned funds provided multiplied by a percentage of 100%.

BOSDA funds are grants that are used to meet school operational financing needs and are provided by the government to schools. BOSDA funds are given according to the number of students in the school concerned multiplied by the amount of funds that has been determined. Based on an analysis of the effectiveness ratio of BOSDA funds accompanied by interviews with school principals and BOSDA treasurers, it can be concluded that the majority of BOSDA funds provided by the local government to elementary and junior high schools in Sleman Regency have not been able to meet school needs for quality improvement, and even have difficulty meeting minimum service standards. BOSDA funds make a real contribution to schools that receive them, and are deemed insufficient. In addition, the absorption of BOSDA funds by the relevant schools has reached a minimum effective level up to a very effective maximum level. The government needs to pay attention to policy improvements so that BOSDA funds can be distributed more evenly to schools in need. In addition, the government needs to improve policies related to the certainty of the amount of BOSDA funds provided.

Kata Kunci : Dana BOSDA, Efektivitas, Rencana, Realisasi, Rasio Efektivitas, Efektif

  1. S1-2023-441374-abstract.pdf  
  2. S1-2023-441374-bibliography.pdf  
  3. S1-2023-441374-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2023-441374-title.pdf