Makna Homo Religiosus Mircea Eliade dalam Tinjauan Filsafat Pendidikan
Sri Rahayu Wilujeng, Prof. Drs. M. Mukhtasar S., M. Hum., Ph. D. of Arts. ; Dr. Rr. Siti Murtinigsih
2023 | Disertasi | S3 Ilmu Filsafat
Ada
banyak tesis tentang manusia, tetapi ada dua tesis yang sangat mendasar yaitu
manusia sebagai homo religiosus dan manusia sebagai homo educandum.
Dua tesis ini menyentuh aspek penting dalam hidup manusia. Objek material
penelitian ini adalah homo religiosus, dan objek formal yang
dipergunakan adalah filsafat pendidikan. Fenomenologi agama digunakan sebagai
landasan teori untuk menganalisis homo
religiosus sehingga diperoleh makna yang terkandung. Berkaitan dengan
filsafat pendidikan digunakan pemikiran filsafat perenialisme dan aliran
filsafat lain yang menunjang.
Penelitian
ini bertujuan mendapatkan jawaban atas beberapa. masalah : pertama apa homo religiosus dan
maknanya, ke dua apa makna homo
religiosus dalam perspektif filsafat pendidikan, dan ke tiga bagaimana
bangunan filsafat pendidikan yang sesuai dengan manusia sebagai homo
religiosus Penelitian ini adalah
penelitian filsafat dengan model studi pustaka. Metode yang digunakan adalah
metode hermeneutika dengan unsur-unsur metodis yang utama adalah, deskripsi, deduksi-induksi, kesinambungan historis, komparasi, interpretasi, heuristika, idealisasi.
Hasil
yang dicapai dari penelitian ini adalah adanya hubungan manusia sebagai homo
religiosus dan homo educandum. Pertama manusia sebagai homo
religiosus artinya manusia adalah makhluk Tuhan, makhluk beragama
yang seluruh aspek kehidupannya disinari cahaya keilahian. Homo religious adalah manusia yang
mengakui, menyadari dan menghayati bahwa ada kekuatan Maha Besar dan Maha Suci
sebagai penguasa kehidupan. Kedua, homo religiosus mengandung makna
adanya kesadaran pada kewajiban utama manusia yaitu kewajiban terhadap Tuhan.
Kewajiban ini tidak hanya kepada diri sendiri tetapi juga kepada manusia lain,
lingkungan sosial dan lingkungan alam. Seorang homo religiosus menyadari
menyadari kedudukannya mempunyai kualitas karakter bertangungjawab dengan penuh
kesadaran. Ketiga dalam perspektif filsafat pendidikan homo religious sebagai
ontologi, orientasi dan tujuan dari pendidikan. Homo religiosus merupakan
landasan bagi suatu filsafat pendidikan teistik Filsafat pendidikan yang menanamkan
nilai-nilai spiritual sesuai dengan kodrat manusia sebagai homo religiosus adalah
filsafat perenialisme. Homo religiosus membuat pendidikan menjadi
bermakna.
There
are many theses about humans, but there are two very basic theses, namely
humans as homo religiosus and humans as homo educandum. These two theses touch
on important aspects of human life. The object of this research material is
homo religiosus, and the formal object used is educational philosophy.
Phenomenology of religion is used as a theoretical basis for analyzing homo
religiosus in order to obtain the meaning contained. With regard to the
philosophy of education using perennialist philosophy and other supporting
philosophical schools.
This
study aims to get answers to several. problems: firstly, what is homo
religiosus and its meaning, secondly, what is the meaning of homo religiosus in
the perspective of educational philosophy, and thirdly, how to build an
educational philosophy that is in accordance with humans as homo religiosus. This
research is a philosophical study using a literature study model. The method
used is the hermeneutical method with the main method elements being
description, deduction-induction, historical continuity, comparison,
interpretation, heuristics, idealization.
The
results achieved from this research is the existence of human relations as homo
religiosus and homo educandum. First, humans as homo religiosus means that
humans are God's creatures, religious beings whose all aspects of life are
illuminated by the light of divinity. Homo religiosity is a human being who
recognizes, realizes and lives that there is a Greatest and Most Holy power as
the ruler of life. Second, the existence of homo religiosus implies awareness
of the main human obligation, namely the obligation to God. This obligation is
not only to oneself but also to other human beings, the social environment and
the natural environment. A homo religiosus realizes that he is aware of his
position and has the quality of a responsible character with full awareness.
The third is in the perspective of the philosophy of homo-religious education
as an ontology, orientation and purpose of education. Homo religiosus is the
basis for a theistic educational philosophy. The philosophy of education that
instills spiritual values ??according to human nature as homo religiosus is the
philosophy of perennialism. Homo religiosus makes education meaningful.
Kata Kunci : Homo Religiosus, Homo Educandum, Mircea Eliade, Filsafat Pendidikan