Laporkan Masalah

Motif, Interaksi, dan Dampak Petualangan Terhadap Tokoh Anak Perempuan Dalam The Secret Garden Karya Frances Hodgson Burnett

Rima Lestari, Dr. Novi Siti Kussuji Indrastuti, M.Hum.

2023 | Tesis | S2 Sastra

Cerita petualangan yang menampilkan tokoh anak perempuan sebagai tokoh utama begitu sedikit dimunculkan dalam karya sastra. Hal ini banyak digambarkan oleh Frances Hodgson Burnett dalam novel berjudul The Secret Garden. Sebagai penulis, Burnett memang lebih banyak mengangkat novel ini berlatar rumah dan alam pada akhir era Victoria menuju awal era Edwardian. Penelitian ini bertujuan untuk membahas motif, interaksi, dan dampak petualangan dalam novel The Secret Garden karya Frances Hodgson Burnett. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori motif David McClelland, teori petualangan dan interaksi manusia dengan binatang dari Susan Crane, teori kognitif yang dikemukakan oleh Jean Piaget dan Bloom, dan teori posisi anak perempuan yang dikemukakan oleh Seth Lerer. Adapun metode yang digunakan ialah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat motif yang menyebabkan narasi petualangan dapat terjadi pada tokoh anak perempuan yang meliputi kebutuhan akan afiliasi yang ingin memiliki relasi dengan tokoh lain dan kebutuhan akan kekuasaan karena penemuan The Secret Garden. Selain itu, beragam interaksi yang terjadi antara tokoh anak perempuan dengan para tokoh lain seperti pengasuh India dan pengasuh Misselthwaite, penjaga kebun, Paman, Robin menghasilkan perwujudan perubahan perilaku pada tokoh anak perempuan selaku tokoh utama dalam cerita. Tidak hanya itu, dampak petualangan terhadap perkembangan kognitif tokoh anak perempuan mencakup pada kemampuan menyesuaikan diri, menjadi pemeran utama, dan anak perempuan mampu menjadi pemimpin bagi teman sepermainan yang diperankan oleh dua tokoh anak laki-laki sebagai dampak positif. Dampak negatif yang dihasilkan merujuk pada perilaku kasar tokoh anak perempuan pada awal petualangan berlangsung.

Kata kunci: anak perempuan, kognitif, motif, perilaku, petualangan 

The adventure stories featuring the girl as the main characters are a little bit appearing in literary works. This is widely described by Frances Hodgson Burnett in the novel entitled The Secret Garden. As the writer, Burnett is more concerned with this novel set in the house and the nature at the end of the Victorian era towards the beginning of an Edwardian era. This study aims to discuss the motives, interactions, and the impacts of adventure in the novel The Secret Garden by Francess Hodgson Burnett. The theories used in the study are David McClelland's the motives, Susan Crane’s Theory of adventure and the interaction between human and animal, the cognitive theory by Jean Piaget and Bloom, and the position of the daughter theory proposed by Seth Lerer. The method used is a qualitative descriptive method. The result of the study indicated that there are motives that cause adventure narrative to occur in the girl character which include cholera, the need of affiliation caused by outbreak and the need of power caused by discoveries The Secret Garden. In addition, the various interactions that occur between the girl character and other characters such as the Indian and Misselthwaite Manor servant, The gardener, The Uncle, Robin as that impulses the change behavior of the girl. Not only that, the impact of the adventure on cognitive development of the girl includes the ability to adapt, become the main character, and the girl who is able to become a leader for her playmates include two boys characters as the positive impact. The negative impact refers to the violent behavior of the girl at the beginning of the adventure. 

Kata Kunci : adventure, behavior, cognitive, motives, the girl

  1. S2-2023-485623-abstract.pdf  
  2. S2-2023-485623-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-485623-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-485623-title.pdf