Motif, Interaksi, dan Dampak Petualangan Terhadap Tokoh Anak Perempuan Dalam The Secret Garden Karya Frances Hodgson Burnett
Rima Lestari, Dr. Novi Siti Kussuji Indrastuti, M.Hum.
2023 | Tesis | S2 Sastra
Cerita petualangan yang menampilkan
tokoh anak perempuan sebagai tokoh utama begitu sedikit dimunculkan dalam karya
sastra. Hal ini banyak digambarkan oleh Frances Hodgson Burnett dalam novel
berjudul The Secret Garden. Sebagai
penulis, Burnett memang lebih banyak mengangkat novel ini berlatar rumah dan
alam pada akhir era Victoria menuju
awal era Edwardian. Penelitian ini
bertujuan untuk membahas motif, interaksi, dan dampak petualangan dalam novel The Secret Garden karya Frances Hodgson
Burnett. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori motif David
McClelland, teori petualangan dan interaksi manusia dengan binatang dari Susan
Crane, teori kognitif yang dikemukakan oleh Jean Piaget dan Bloom, dan teori
posisi anak perempuan yang dikemukakan oleh Seth Lerer. Adapun metode yang
digunakan ialah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa terdapat motif yang menyebabkan narasi petualangan dapat terjadi pada
tokoh anak perempuan yang meliputi kebutuhan akan afiliasi yang ingin memiliki
relasi dengan tokoh lain dan kebutuhan akan kekuasaan karena penemuan The Secret Garden. Selain itu, beragam
interaksi yang terjadi antara tokoh anak perempuan dengan para tokoh lain
seperti pengasuh India dan pengasuh Misselthwaite, penjaga kebun, Paman, Robin
menghasilkan perwujudan perubahan perilaku pada tokoh anak perempuan selaku
tokoh utama dalam cerita. Tidak hanya itu, dampak petualangan terhadap
perkembangan kognitif tokoh anak perempuan mencakup pada kemampuan menyesuaikan
diri, menjadi pemeran utama, dan anak perempuan mampu menjadi pemimpin bagi
teman sepermainan yang diperankan oleh dua tokoh anak laki-laki sebagai dampak
positif. Dampak negatif yang dihasilkan merujuk pada perilaku kasar tokoh anak
perempuan pada awal petualangan berlangsung.
Kata kunci: anak perempuan, kognitif, motif, perilaku,
petualangan
The
adventure stories featuring the girl as the main characters are a little bit
appearing in literary works. This is widely described by Frances Hodgson
Burnett in the novel entitled The Secret Garden. As the writer, Burnett is more
concerned with this novel set in the house and the nature at the end of the
Victorian era towards the beginning of an Edwardian era. This study aims to
discuss the motives, interactions, and the impacts of adventure in the novel
The Secret Garden by Francess Hodgson Burnett. The theories used in the study
are David McClelland's the motives, Susan Crane’s Theory of adventure and the
interaction between human and animal, the cognitive theory by Jean Piaget and
Bloom, and the position of the daughter theory proposed by Seth Lerer. The
method used is a qualitative descriptive method. The result of the study
indicated that there are motives that cause adventure narrative to occur in the
girl character which include cholera, the need of affiliation caused by
outbreak and the need of power caused by discoveries The Secret Garden. In
addition, the various interactions that occur between the girl character and
other characters such as the Indian and Misselthwaite Manor servant, The
gardener, The Uncle, Robin as that impulses the change behavior of the girl.
Not only that, the impact of the adventure on cognitive development of the girl
includes the ability to adapt, become the main character, and the girl who is
able to become a leader for her playmates include two boys characters as the
positive impact. The negative impact refers to the violent behavior of the girl
at the beginning of the adventure.
Kata Kunci : adventure, behavior, cognitive, motives, the girl