ANALISIS PENGARUH VARIABEL MAKRO DAN INDEKS KEYAKINAN KONSUMEN TERHADAP INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN TAHUN 2007:11 - 2022:10
Aji Sukron Makmuri, Sekar Utami Setiastuti, S.E., M.Sc., Ph.D.
2023 | Skripsi | ILMU EKONOMI
Penelitian ini menganalisis hubungan jangka pendek dan jangka panjang antara keyakinan konsumen dan beberapa variabel makro ekonomi terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sebelum dan saat terjadinya krisis Covid-19 dengan menggunakan metode Vector Error Correction Model (VECM). Penelitian menggunakan data time series bulanan 2007 hingga 2022 dan dibagi menjadi dua periode, periode 1 sebelum Covid-19 dan periode 2 saat terjadinya pandemi Covid-19, dan menemukan beberapa hasil penting. Pertama, Indeks Keyakinan Konsumen menjadi satu-satunya variabel yang berpengaruh terhadap IHSG dalam kedua periode, untuk jangka panjang maupun jangka pendek. Kedua, berdasarkan uji kausalitas Granger pada periode 1 IKK mempengaruhi pasar saham, sementara periode 2 IHSG mempengaruhi IKK dan tidak sebaliknya. Ketiga, cadangan devisa dan harga minyak dunia memiliki kontribusi varians yang tinggi terhadap IHSG pada kedua periode, sebelum Covid-19 dan periode dengan Covid-19.
This study analyzes the short-term and long-term relationships between consumer confidence and several macroeconomic variables on the Jakarta Composite Index (IHSG) before and during the Covid-19 crisis by using the Vector Error Correction Model (VECM) method. The study used monthly time series data from 2007 to 2022 and was divided into two periods, period 1 before Covid-19 and period 2 during the Covid-19 pandemic, and found several important results. First, the Consumer Confidence Index is the only variable that influences the JCI in both periods, for the long and short term. Second, based on the Granger causality test in period 1, the IKK affects the stock market, while period 2, the JCI affects the IKK and not vice versa. Third, foreign exchange reserves and world oil prices contributed a high variance to the JCI in both periods, before Covid-19 and during the period with Covid-19.
Kata Kunci : Pasar saham, keyakinan konsumen, Covid-19, VECM